Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Ungkapan Utari, Ning Terpilih Duta Kampus UNU Blitar

Ungkapan Utari, Ning Terpilih Duta Kampus UNU Blitar
Muhammad Ubay Dillah (paling kanan) dan Utari (paling kiri), Gus dan Ning terpilih Duta Kampus UNU Blitar 2020. (Foto: Ika Nur Fitriani)
Muhammad Ubay Dillah (paling kanan) dan Utari (paling kiri), Gus dan Ning terpilih Duta Kampus UNU Blitar 2020. (Foto: Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar pemilihan Duta Kampus 2020, Ahad (29/11/2020). Kegiatan ini merupakan pemilihan Gus dan Ning pertama setelah 4 tahun UNU Blitar berdiri.

 

Pemilihan Duta Kampus sendiri merupakan program yang dibuat oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yang bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa berbakat untuk menjadi Duta Kampus. Gus dan Ning Duta Kampus nantinya akan bertugas sebagai Brand Ambassador UNU Blitar.

 

"Gus dan Ning nantinya juga akan mempromosikan UNU Blitar. Baik bidang akademik maupun non akademik," kata Muhammad Izzudin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNU Blitar.

 

Ajang pemilihan Gus dan Ning ini melewati beberapa tahapan seleksi. Pertama seleksi berkas, meliputi data calon Gus dan Ning dan beberapa berkas pendukung seperti sertifikat kejuaraan. Dari 27 total pendaftar yang dinyatakan lolos 24 peserta. Tahapan berikutnya yaitu tes tulis dan tes wawancara oleh tim juri.

 

Ada 4 juri yang ditugaskan yaitu Redhitya Wempi Ansori, dan Agus Yulianto yang mengampu persoalan Umum. Berikutnya Nanang Zamrozi yang mengampu persoalan Agama. Dan yang terakhir Yoyok Sumardianto yang mengampu Bahasa Inggris dan Pariwisata.

 

Setelah melewati tahapan tes tulis dan wawancara hanya dipilih 5 Gus dan Ning untuk menuju Grand Final oleh tim juri. "Peserta pemilihan Gus dan Ning yang pertama ini sangat antusias, meskipun ada beberapa yang mengundurkan diri sebelum tahap tes tulis dan wawancara," ucap Redhitya Wempi, Ketua Tim Juri.

 

Pada tahapan terakhir atau Grand Final pemilihan Gus dan Ning Duta Kampus UNU Blitar peserta kembali di uji dengan unjuk bakat dan uji stage. Dalam tahap ini merupakan pemberian pertanyaan langsung oleh dewan juri sesuai dengan bidang yang diampu.

 

Setelah melewati beberapa tahapan seleksi terpilihlah Gus dan Ning Duta Kampus beserta Runner Up satu dan dua.

 

Berikut adalah nama-nama mahasiswa yang terpilih menjadi Ning dan Gus Duta Kampus UNU Blitar 2020. Yaitu Muhammad Ubay Dillah dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Utari dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PB Ing). Keduanya ditetapkan sebagai pemenang.

 

Kemudian Moch Faizin dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Nurul Aini Nopriawan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai Runner Up 1. Terakhir Muhamad Nurkholis dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Shelina Maharani dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) sebagai Runner Up 2.

 

"Motivasi saya mengikuti pemilihan Gus dan Ning karena ajang pemilihan ini merupakan ajang perdana yang diselenggarakan oleh UNU Blitar. Karena itu, ajang ini tentunya dapat memberi kesempatan bagi saya untuk menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman, relasi, sekaligus memberi kesempatan bagi saya untuk berkontribusi terhadap kemajuan UNU Blitar,” kata Utari, Ning terpilih Duta Kampus UNU Blitar 2020.

 

 

Ia mengaku awalnya tidak menyangka akan terpilih menjadi duta. “Karena prinsip saya itu just do my best. Untuk hasil saya serahkan kepada Allah. Selama mengikuti proses seleksi seru juga. Deg-degan juga. Ada sedikit nervousnya ketika  show up di depan dewan juri yang luar biasa. Saya senang mengikuti kegiatan tersebut. Atmosfer kompetisinya dapet. Penilaiannya objektif,"  ungkapnya.

 

Penulis: Ika Nur Fitriani

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah