Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Unisda Lamongan Terapkan Program Kampus Merdeka

Unisda Lamongan Terapkan Program Kampus Merdeka
Jajaran Rektor Unisda Lamongan. (Foto: NOJ/humas)
Jajaran Rektor Unisda Lamongan. (Foto: NOJ/humas)

Lamongan, NU Online Jatim

 

Akhir-akhir ini dunia pendidikan di Indonesia memang sedang diramaikan dengan program besar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem yakni kampus merdeka.

 

Universitas Darul Ulum (Unisda) Lamongan kembali torehkan prestasi sebagai universitas yang terpercaya dan berkualitas. Hal ini dibuktikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempercayai Unisda untuk melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Keprcayaan ini meliputi membuat kurikulumnya, fasilitator Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), dan fasilitator Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata-Sakti). Tidak Hanya itu, Unisda Lamongan juga dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan diklat kepala sekolah.

 

Rektor Unisda Lamongan, Hj. Ainul Masruroh, S.H.I., M.H. mengungkapkan bahwa program ini merupakan implementasi dari merdeka belajar.

 

"Program kampus merdeka sendiri merupakan perwujudan dari merdeka belajar di wilayah pendidikan tinggi," ungkapnya.

 

Dirinya melanjutkan, keikutsertaan mahasiswa dalam program Permata-Sakti bukan hanya sekadar merasakan sistem pembelajaran di perguruan tinggi lain dan menambah wawasan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah mahasiswa mampu membangun jejaring.

 

“Setelah mengikuti program Permata-Sakti, teman-teman di perguruan tinggi lain maupun di Unisda harus tetap dipelihara sebagai kolega. Minimal hafal teman satu kelasnya itu akan sangat luar biasa,” lanjutnya.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama, Unisda Lamongan, Dra. Hj. Khotimah Suryani, M.Ag. menyatakan, hibah yang diterima Unisda Lamongan melalui tahapan yang sangat kompetitif dan penyaringan yang ketat. Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unisda Lamongan terpilih di antara Prodi di skala nasional yang diberi kewenangan pemerintah Indonesia lewat Kemendikbud untuk menyelenggarakan MBKM.

 

"Dengan demikian, Prodi Pendidikan Matematika ini ke depan akan melakukan model pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, serta adaptif terhadap kebutuhan zaman," jelas Khotimah Suryani.

 

Sementara untuk program hibah Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Buyun Khulel, S.Pd., M.Pd. sebagai penanggung jawab, menjelaskan bahwa kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program fasilitasi RPL bagi para mahasiswa. Selain itu sebagai upaya pengembangan kapasitas institusi penyelenggaraan pendidikan akademik secara daring di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal pada masa pandemi Covid-19.

 

"Dan Unisda Lamongan merupakan salah satu dari 50 Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai Perguruan Mitra yang memperoleh penugasan Hibah RPL dari 275 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang diusulkan," jelasnya.

 

 

Sedangkan untuk kegiatan Pelatihan Kepala Sekolah, Kepala BAAK Iib Marzuqi, M.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini telah dimulai sejak 16 November sampai dengan 14 Desember 2020. Kegiatan ini merupakan kali kedua Unisda dipercaya sebagai penyelenggara kegiatan pelatihan kepala sekolah.

 

"Pelaksanaan pelatihan ini dikemas dalam bentuk online via zoom meeting mengingat masa pandemi ini. Pelatihan ini melibatkan Kepala Sekolah PAUD se-Kabupaten Tuban dan Lamongan," terangnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim