• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Pendidikan

Unisma Jalin Kerja Sama dengan Pesantren di Pasuruan

Unisma Jalin Kerja Sama dengan Pesantren di Pasuruan
Penandatangan MoU oleh Rektor Unisma. (Foto: NOJ/tm)
Penandatangan MoU oleh Rektor Unisma. (Foto: NOJ/tm)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) sebagai salah satu kampus Nahdlatul Ulama (NU) terus giat berkontribusi di sektor pendidikan. Bahkan tidak hanya institusi, saat ini Unisma sudah melakukan kerja sama dengan Pondok Pesantren.

 

Rektor Unisma, Prof H Maskuri saat Safari Ramadlan menandatangani kerja sama dengan Pondok Pesantren Singa Putih Munfaridin, Prigen, Pasuruan, Senin (10/05/2021).

 

Kegiatan yang dirangkai dengan Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, juga Haul Akbar KH Abdulloh (Mbah Dul) dan H Agus Miftahul Ulum (Gus Ulum) ke-20, Haflah Kubro pesantren Singa Putih Salaf ke-28 serta pesantren Singa Putih Modern yang ke-4, dan peresmian Pondok Pesantren Singa Putih Munfaridin 8 (Gedung Mahkota Emas) ini dihadiri oleh Dahlan Iskan.

 

Dalam penandatanganan Memorandum Of Understanding tersebut, Prof Maskuri mengaku senang dan memberikan apresiasi kepada pesantren tersebut.

 

“Pondok Pesantren Singa Putih Munfaridin menurut saya sangat unik karena berada di tengah lingkungan wisata,” katanya.

 

Dalam tausiyahnya, Prof Maskuri mengingatkan pentingnya berbakti kepada orang tua.

 

“Selain melahirkan kita, orang tua juga telah membesarkan kita sebagai manusia yang bermanfaat bagi sekitar,” terangnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa berbakti kepada orang tua juga menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang.

 

“Saya sebagai putra petani yang tidak mengenal arab dan tulisan, tiap hari hanya ke sawah, hanya di desa, dan tidak pernah berkomunikasi dengan bisnis di luar sana. Tapi orangtua bisa melahirkan seorang profesor dan sekaligus rektor ini,” tambahnya.

 

Prof Maskuri juga percaya bahwa apa yang menjadi nasihat orang tua sangat berperan penting dalam kehidupan dan jangan sampai diabaikan.

 

“Karena nasihat mereka melebihi sebagai seorang profesor, walaupun mereka sebagai orang tang tidak mengenal pendidikan dalam kelas sedetikpun, tapi mereka bisa memberikan nasehat anaknya yang sudah profesor sekalipun,” jelasnya.

 

Untuk itu, Prof Maskuri berharap kualitas pendidikan di pesantren ini bisa terus berkembang dan melahirkan santri yang berkualitas.

 

“Semoga Pondok Pesantren Singa Putih Munfaridin ini akan terus lari. Bukan sekedar lari tapi juga lompat menjadi lembaga pendidikan yang memang sangat diperhitungkan bukan hanya skala nasional tapi juga internasional bersama Unisma,” pungkasnya.


Pendidikan Terbaru