• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Pendidikan

Unisma PTS Pertama di Kota Malang Pengguna Lisensi Microsoft Resmi

Unisma PTS Pertama di Kota Malang Pengguna Lisensi Microsoft Resmi
Direktur Internasional Better Learning Upgrade (iBLU-Academy) Microsoft Autorize Partner Resmi di Indonesia, Umar Khadafi dan Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri. (Foto: NOJ/humas)
Direktur Internasional Better Learning Upgrade (iBLU-Academy) Microsoft Autorize Partner Resmi di Indonesia, Umar Khadafi dan Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri. (Foto: NOJ/humas)

Malang, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) memperpanjang lisensi sertifikasi Microsoft internasional. Sertifikat lisensi diberikan pada Jumat (05/02/2021). Kegiatan ini diberikan langsung oleh Direktur Internasional Better Learning Upgrade (iBLU-Academy) Microsoft Autorize Partner Resmi di Indonesia, Umar Khadafi kepada Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri, M.Si di ruang Rektor. 

 

Rektor Unisma menuturkan perlu untuk menghargai hak cipta microsoft, dengan cara menggunakan karya mereka secara legal. Sebab kata dia, karya anak bangsa yang ada di seluruh dunia patut dihargai, termasuk karya di bidang teknologi.

 

“Berkat apresiasi itulah maka Unisma juga mendapat penghargaan berupa kepercayaan dalam menyelenggarakan sertifikasi yang berlisensi,” ukatanya.

 

Prof Maskuri juga menerima dengan senang hati tawaran iBLU-academy untuk kerja sama yang lebih luas. Salah satunya tawaran pelatihan dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Unisma.

 

“Ini berkah ketika kita bisa menghargai orang lain, kita juga dihargai. Bahkan bisa lebih dari itu. Kerja sama yang awalnya di microsoft saja bisa meluas ke bidang pembelajaran,” terangnya.

 

Kedua belah pihak antara Unisma dan iBLU-academy telah sepakat untuk memperluas bidang kerja sama di masa yang akan datang dan siap menjadi media partner Unisma dalam peningkatan kompetensi dosen maupun mahasiswa.

 

“Jangan lama-lama, kalau bisa akhir bulan ini kita gelar pelatihan. Bisa secara daring atau luring,” tegasnya.

 

Termasuk juga dengan pihak iBLU-academy, ia juga meminta untuk bersinergi. Peningkatan kompetensi dan keterampilan dosen di bidang IT bukan lagi pilihan, tetapi sebuah keharusan bagi Unisma.

 

“Ini sangat bagus sekali, menjadi sebuah terobosan yang inovatif. Kami siap dengan program-program baru yang bisa dilakukan untuk percepatan Unisma,” ujarnya.

 

Menanggapi tantangan Unisma, Direktur iBLU-Academy Microsoft Autorize Partner, Umar Khadafi menyatakan kesiapannya. Pihak microsoft siap menjadi narasumber dalam beberapa pelatihan. Terutama yang berkaitan dengan pembuatan media pembelajaran bagi para dosen.

 

“Apalagi saat ini kita menerapkan kuliah daring tentu materi visual yang menarik sangat dibutuhkan untuk media yang lebih variatif,” terangnya.

 

Umar begitu terkesan dengan Unisma. Karena kualitas dan kepeduliannya terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Unisma menjadi perguruan tinggi swasta satu-satunya di Malang yang berlisensi microsoft. Di bidang ini status Unisma di Indonesia kini menjadi Certiport Authorized Testing Center.

 

"Artinya Unisma berhak menguji dan memberikan sertifikat microsoft internasional kepada mahasiswa. Termasuk bagi mahasiswa di luar Unisma. Di Malang Unisma satu-satunya kampus swasta yang punya lisensi ini,” ujar Umar.

 

Sejauh ini Unisma telah mengeluarkan lebih dari 500 sertifikat microsoft untuk mahasiswa. 

 

“Tentu saja sertifikat itu sangat berguna bagi mahasiswa. Terutama saat mereka melamar pekerjaan, akan sangat menjadi pertimbangan perusahaan,” terangnya.

 

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Wakil Rektor 1 Unisma Prof Drs H Junaidi dan Wakil Rektor IV Unisma Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati.

 

 

Editor: Risma Savhira


Pendidikan Terbaru