Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama Maritim Situbondo Diresmikan

Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama Maritim Situbondo Diresmikan
Kampus Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama Maritim, Situbondo. (Foto: NOJ/BRw)
Kampus Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama Maritim, Situbondo. (Foto: NOJ/BRw)

Situbondo, NU Online Jatim

Ikhtiar untuk memiliki sumber daya manusia berkualitas hendaknya terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan lembaga pendidikan berkualitas, seperti yang dilakukan pemerintah Kabupaten Situbondo.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan dibukanya Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama (UT-NU) Maritim, Senin (15/02/2021) malam.
 

Kampus yang menyiapkan lulusan kemaritiman andal itu, berdiri di lahan kawasan Perumahan Baru, Griya Panarukan Residence (GPR) di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo dengan sarana lahan yang cukup representatif. Ikut hadir pada launching UT – NU di antaranya, para Muspika, pelaku pendidikan dan pengurus NU.
 

Menurut Wakil Bupati Situbondo, H Yoyok Mulyadi, melalui Camat Panarukan, H Marjulis, didapuk panitia sebagai pemimpin acara peresmian revitalisasi gedung kampus baru Universitas Terbuka Nahdlatul Ulama Maritim Situbondo.
 

Dalam sambutan singkatnya, mantan Sekretaris Dinas Keluarga Berencana dan Pengendalian Penduduk (DKBPP) Kabupaten Situbondo ini sangat mendukung pendirian kampus UT-NU Maritim di Kabupaten Situbondo.
 

“Kami sangat mendukung program peningkatan SDM di Kota Bumi Shalawat Nariyah ini melalui kampus baru,” kata Marjulis.
 

Dirinya mengakui jika dirinya diberi amanat Wakil Bupati Situbondo, H Yoyok Mulyadi untuk mewakili agenda peresmian Kampus UT – NU Maritim Situbondo. Pasalnya yang bersangkutan masih ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan.

 

”Jadi saya ditunjuk untuk melaunching revitalisasi Kampus UT – NU Maritim Situbondo ini,” jelas Marjulis.
 

Dalam pandangan Marjulis, wilayah Situbondo yang berdiri memanjang dengan hamparan potensi laut ratusan kilometer sangat cocok, jika dikaitkan dengan adanya pendirian kampus baru UT NU Maritim yang segmen utamanya diprioritaskan pada penguasaan tehnologi maritim.
 

“Keberadaan kampus UT-NU Maritim ini sangat mendukung bagi majunya potensi laut di masa mendatang,” tandas mantan Kabag Pembangunan Pemkab Situbondo itu.
 

Di sisi lain, Penasehat Utama Griya Panarukan Residence Situbondo, RBH Fathorrahman MA menimpali, pihaknya sangat mendukung pendirian kampus UT-NU Maritim di kawasan ini. Karena saat ini gedungnya sudah ada, maka acara yang digelar bukan lagi bernama peletakan batu pertama melainkan revitalisasi gedung kampus UT-NU Maritim Situbondo.
 

“Kami sangat berterima kasih kepada semua elemen yang hadir dan ikut mendukung acara revitalisasi gedung kampus baru kemarin. Semoga kualitas pendidikan tinggi di Situbondo ke depan semakin maju,” terangnya.

PWNU Jatim