Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Upacara Hastapora di Pernikahan Banser Jadikan Kekuatan Silaturahim

Upacara Hastapora di Pernikahan Banser Jadikan Kekuatan Silaturahim
Upacara Hastapora. (Foto: NOJ/SH)
Upacara Hastapora. (Foto: NOJ/SH)

Gresik, NU Online Jatim

Upacara hastapora adalah sebuah acara yang diadakan satuan barisan Ansor Serbaguna (Banser) dalam rangka mengantarkan anggota Banser dan Detasemen Wanita Serbaguna (Denwatser) untuk melepas masa lajang menuju mahligai pelaminan dan membina rumah tangga sakinah mawaddah wa rahmah. 

 

Upacara hastapora tersebut dilaksanakan di rumah mempelai putri Denwatser di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Rabu (10/3/2021).

 

Pada upacara hastapora tersebut anggota Satuan Koordinator rayon (Satkoryon) Banser Ujungpangkah dengan gagah, sigap, dan kompak serta mengenakan seragam enunjukkan performa yang wibawa layaknya militer.

 

Anggota Denwatser Ujungpangkah, Qomariya Adlhatin Marwa Asih, putri dari Banser senior Abdul Wahab yang menikah dengan Nur Hermin, anggota Banser Panceng, Gresik.

 

Bertindak sebagai inspektur upacara hastapora yaitu ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ujungpangkah, Syamsudin. Dirinya mengatakan, sebagai penghormatan kepada anggota Banser Denwanser yang melepas masa lajangnya, Banser dengan siap mengawal prosesi tersebut.

 

"Sebagai bentuk apresiasi kami kepada anggota yang akan membina rumah tangga kami dengan senang hati dan bangga untuk mengantarkan prosesi ini," katanya.

 

Ditambahkan Syamsuddin, kedua mempelai ini adalah anggota Banser dan Denwatser yang aktif di setiap kegiatan di masing-masing PAC.

 

"Alhamdulillah berjodoh semoga ini dapat memperkuat jalinan silaturahim kedua PAC baik Ujungpangkah dan Panceng," jelasnya.

 

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Gresik, Dra Hj Aminatun Habibah yang menyempatkan diri memberikan sambutan.

 

"Saya bangga dan apresiasi kepada anggota GP Ansor Yang selama ini menjaga marwah kiai, ulama NU, dan NKRI," ujarnya.

 

Dia, berharap Ansor Banser hendaknya bisa memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dalam segala bidang.

 

"Sebagai wujud kerja sama tersebut saya minta Ansor Banser selalu sinergis kerja sama dengan pemerintah di tingkatan masing-masing," tukas Neng Min panggilan akrabnya.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim