Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Upaya Fatayat NU Tulungagung Tingkatkan Literasi Kader

Upaya Fatayat NU Tulungagung Tingkatkan Literasi Kader
Suasana kelas menulis yang dilaksanakan PC Fatayat NU Tulungagung, Ahad (04/04/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).
Suasana kelas menulis yang dilaksanakan PC Fatayat NU Tulungagung, Ahad (04/04/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi para kader, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tulungagung menempuh berbagai upaya. Salah satunya dengan menggelar kelas menulis.

 

"Kegiatan yang diadakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung ini diikuti oleh kader Fatayat NU Kabupaten Tulungagung agar kemampuan literasi semakin meningkat di era digital," terang Siti Kusnul Kotimah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung, Ahad (04/04/2021).

 

Ia juga menyampaikan bahwa peningkatan literasi yang dimiliki kader Fatayat NU yang mengikuti kelas menulis mampu mencegah penyebaran informasi hoaks di media sosial.

 

Materi pada kelas menulis yang diikuti oleh perwakilan kader dari seluruh kecamatan tersebut disampaikan oleh H Ngainun Naim dari Institut Agama Islam Negeri Kabupaten Tulungagung dan Mohammad Anshori sebagai penulis sekaligus Wakil Sekretaris Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten Tulungagung.

 

Sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Lahir (Harlah) Fatayat NU ke 71, Kelas Menulis menyajikan sembilan materi tentang teknik penulisan dan media sosial.

 

"Materi yang diterima merupakan materi yang bisa dijadikan alat oleh para kader untuk melawan hoaks di media sosial. Selain itu, menulis di media sosial merupakan senjata untuk produktif menguasai dunia," kata Kusnul dengan penuh semangat.

 

Siti Julaikah, salah satu peserta yang mengikuti kelas menulis mengaku termotivasi untuk menulis yang baik dan benar.

 

"Tidak hanya menulis, kami juga diajarkan untuk mengelola media sosial untuk menyalurkan tulisan sehingga bisa tersampaikan kepada masyarakat," ujar Julaikah.

 

Melihat antusias dan semangat para kader yang mengikuti Kelas Menulis, Kusnul memastikan akan mengadakan pelatihan lanjutan yang bekerja sama dengan pihak media.

 

 

"Tidak hanya pelatihan jurnalistik kelas menulis pada hari ini, insyaallah akan diselenggarakan pelatihan desain grafis sebagai pelatihan lanjutan agar semakin mantap para kader untuk produktif di bidang jurnalistik dan media," jawab Kusnul saat ditanya tentang agenda PC Fatayat NU Kabupaten Tulungagung.


Editor: Romza

F1 Promosi Iklan