Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Urban Farming Jadi Solusi Masyarakat Perkotaan Masa Kini

Urban Farming Jadi Solusi Masyarakat Perkotaan Masa Kini
Slide presentasi urban farming. (Foto: NOJ/istimewa)
Slide presentasi urban farming. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Ansoruna Bussiness School Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur usai menyelenggarakan Sekolah Malam Kamis (SMK) pada Rabu, (02/12/20) melalui zoom meeting. Agenda tersebut merupakan inisiasi oleh Ansoruna Pimpinan Pusat (PP) Ansor. Kegiatan ini rutin digelar setiap dua minggu sekali setiap Rabu malam Kamis. 

 

Sekolah Malam Kamis yang telah mencapai episode 5 kali ini mengambil tema 'Urban Farming: Solusi Perubahan Iklim Perkotaan'. Tema tersebut dibedah tuntas oleh pemateri-pemateri handal seperti,
Sarwo, Manajer Asisten Direktur Agribussiness and Technology Park (ATP) Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ir. Dyah Pitaloka, MP, dosen Agroteknologi Unira Malang, serta Nahum Eka Wanda, pegiat tanaman agro dan lingkungan gerbang tani.

 

Urban Farming adalah solusi dalam menghadapi problema masyarakat utamanya dalam pemenuhan kebutuhan. Hal ini diyakini pula oleh narasumber yang sudah lama berkelut dalam bidang agroteknologi. Pertanian secara hidroponik memang mudah dilakukan dan menjadi salah satu alternatif solusi bagi masyarakat perkotaan. Sarwo memaparkan bahwa pertanian secara hidroponik adalah salah satu cara bertani dalam kondisi perkotaan.


"Hidroponik adalah solusi bagi daerah perkotaan," ujarnya.

 

Hal ini juga diperkuat oleh Nahum Eka Wanda yang menyatakan bahwa pertanian hidroponik selain menghemat lahan juga tidak sedikit dalam memberikan hasil untuk memenuhi kebutuhan pangan.


"Dalam pemenuhan kebutuhan pangan, pertanian secara hidroponik bisa memberikan hasil yang tidak sedikit," ungkapnya.

 

 

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim Harlah