Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Vaksinasi Ansor Magetan Sasar Warga di Tempat Wisata

Vaksinasi Ansor Magetan Sasar Warga di Tempat Wisata
Foto di salah satu tempat.
Foto di salah satu tempat.

Magetan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Magetan bersama sejumlah elemen menggelar vaksinasi massal di kawasan wisata Magetan Park, Rabu (23/09/2021). Vaksinasi yang bekerja sama dengan Polres Magetan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat dan pengelola Taman Wisata Magetan Park ini menyasar masyarakat umum yang yang selama ini belum dapat mengakses vaksin.

 

Vaksinasi ini untuk memberikan perlindungan kepada warga dalam beraktifitas sehari-hari. "Kita ingin melindungi segenap lapisan masyarakat. Karena kami GP Ansor sebagai santri Nahdlatul Ulama berkewajiban ikut menjaga seluruh elemen masyarakat dalam hal kesehatan dengan vaksin agar masyarakat sehat dan kuat," kata Ketua GP Ansor Magetan, Habib Mustofa.

 

Ia menjelaskan, vaksinasi massal sangat penting mengingat Covid-19 belum dapat sepenuhnya hilang, bahkan muncul varian baru. Dengan vaksinasi ini diharap dapat memutus mata rantai penyebaran virus dan menciptakan kekebalan komunal di Kabupaten Magetan.

 

“Untuk mendukung percepatan vaksinasi, maka pemberian dosis vaksin digelar selama dua hari, mulai tanggal 22 sampai 23 September 2021. Panitia vaksinasi menyediakan 3.000 dosis vaksin,” jelasnya.

 

Menurut Gus Toev, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan, pihaknya bersama Satgas Penanganan Covid-19 dari Polres Magetan menjadwal peserta vaksin dengan tertib dan proses pendaftaran dilakukan secara online.

 

"Kita buka pendaftaran via online melalui google form untuk memotret animo masyarakat Magetan. Sudah kita atur dan dipastikan peserta datang sesuai dengan agenda yang sudah ditentukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta nanti peserta vaksin difasilitasi selepas vaksin ada makan siang gratis yang disediakan oleh panitia," papar pengasuh Pesantren Darul Ulum, Poncol, Magetan itu.

 

Sementara itu, Kapolres Magetan AKBP Yaqhob Silvana Delareskha bersama Dandim 0804 Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo memberikan apresiasi kepada GP Ansor dan FKUB yang telah menggelar vaksinasi massal ini.

 

Pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin dan meminta masyarakat agar tidak mudah termakan hoaks terkait pandemi.

 

"Terima kasih kepada pengurus GP Ansor Magetan dan FKUB atas kerja sama program vaksinasi ini. Walaupun sudah divaksin, mari tetap terapkan protokol kesehatan agar selalu sehat," kata Yaqhob.

 

 

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua FKUB Magetan KH Hamim Dzajuli. Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sekaligus sebagai wadah silaturahim umat lintas agama dan upaya bersama dalam percepatan penanganan pandemi dan juga menunjukan bahwa vaksin Covid-19 aman dan halal.

 

"Ini bagian dari upaya hifdzun Nafs (menjaga diri) dari penyebaran Covid-19. Semoga para pimpinan pemuka agama di Kabupaten Magetan ini sudah mendapatkan vaksinasi semua sehingga muncul herd imunity atau kekebalan komunal," kata pria yang akrab disapa Kiai Hamim itu.

 

Penulis: Zaenal Faizin

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim