• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Parlemen

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad: Anak Muda Harus Bijak Sikap Modernitas

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad: Anak Muda Harus Bijak Sikap Modernitas
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Bondowoso, Sabtu (05/06/2021).
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Bondowoso, Sabtu (05/06/2021).

Bondowoso, NU Online Jatim

Era kini yang disebut era revolusi industri 4.0 adalah era anak muda. Itulah sebabnya anak muda harus bijak menyikapinya.

 

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Bondowoso, Sabtu (05/06/2021).

 

Kuliah umum yang dihadiri ratusan mahasiswa sekolah tinggi itu berlangsung gayeng. Sadad mendapatkan beragam pertanyaan-pertanyaan kritis khas mahasiswa.

 

Seorang mahasiswi, Zulfiah, menanyakan kecenderungan umum anak muda di era sekarang yang menghabiskan waktunya dengan smartphone. Menurutnya, dalam mengerjakan tugas, mahasiswa mengambil langkah praktis mengandalkan Mbah Google.

 

"Modernitas tak bisa dibendung, kita harus fokus pada sisi positif modernitas. Google mestinya dimanfaatkan sebagai media untuk memperluas pencarian kita terhadap sumber-sumber pengetahuan," tutur mantan aktivis PMII itu.

 

Bagi Sadad, kemajuan teknologi informasi, disikapi sebagai tantangan untuk berkarya lebih baik lagi.

 

Sadad mengingatkan agar mahasiswa fokus pada hal-hal positif yang dibawa modernitas.

 

"Sains dan teknologi harus kita terima. Tetapi, gaya hidup, life style, yang bertentangan dengan prinsip agama wajib kita tolak," ujar Plt Ketua Gerindra Jatim itu.

 

Apalagi, lanjut Sadad, sebagai sekolah tinggi yang bernaung di bawah pondok pesantren, mahasiwa STIT Togo Ambarsari wajib menjadikan agama sebagai cara pandang dalam memahami ilmu pengetahuan.

 

Untuk diketahui, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari adalah perguruan tinggi baru yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum. Pesantren tersebut diasuh oleh KH Salwa Arifin, saat ini menjabat sebagai Bupati Bondowoso.

 

Editor: Nur Faishal


Parlemen Terbaru