• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Parlemen

Wakil Rakyat Ini Harap Generasi Muda Kaya Karya

Wakil Rakyat Ini Harap Generasi Muda Kaya Karya
Ahmad Athoillah (kiri), Binti Rohmatin (tengah) dan moderator bedah buku. (Foto: NOJ/Istimewa)
Ahmad Athoillah (kiri), Binti Rohmatin (tengah) dan moderator bedah buku. (Foto: NOJ/Istimewa)

Jombang, NU Online Jatim

Banyak kekhasan daerah yang hilang seiring perkembangan zaman. Tugas generasi muda untuk terus berkarya, khususnya dalam hal tulis menulis agar aneka potensi kawasan setempat dapat diselamatkan.

 

Pandangan tersebut disampaikan anggota DPRD Jatim, Ahmad Athoillah, Ahad (21/03/2021). Gus Aik, sapaan akrabnya merespons positif terbitnya buku berjudul ‘nJombangku’ karya Binti Rohmatin.  

 

Dalam pandangan legislator Provinsi Jawa Timur asal PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) ini bahwa buku karya wartawan Radar Jombang tersebut sangat penting dibaca agar masyarakat bisa lebih mencintai daerahnya. Itu karena buku berjudul Njombang ini sangat kaya pembahasan dan semua bersumber lokalitas Jombang.

 

“Sebenarnya saya ingin menambahi judul. Bukan hanya nJombangku. Tapi, nJombangku, nJombangmu, nJombang Kita Semua,” kata Gus Aik disambut aplaus hadirin.

 

Dari membaca buku nJombangku, Gus Aik berpandangan bahwa banyak kebijakan atau permasalahan yang mendera masyarakat, belum tuntas hingga kini.

 

“Semisal tentang hilangnya patung kuno Arimba di Candi Pulosari, Kecamatan Bareng. Saya baru tahu setelah membaca buku ini. Ironisnya, sampai sekarang patungnya juga belum ketemu. Padahal masalah itu ditulis oleh Bu Binti pada 2002,” terangnya.

 

Oleh sebab itu, alumnus Pesantren Ploso tersebut berharap, terbitnya buku karya Binti Rohmatin itu bisa menjadi motivasi.

 

“Saatnya generasi muda untuk berkarya dan lebih mencintai Jombang,” pesannya. 

 

Binti Rohmatin yang menjadi pembicara utama menjabarkan secara panjang lebar buku karyanya setebal 296 halaman tersebut.

 

“Ini adalah hasil liputan saya sejak menjadi wartawan di Radar Mojokerto dan Radar Jombang,” kata ibu tiga anak ini pada bedah buku di salah satu kafe di Jombang.

 

Buku tersebut diberi judul nJombangku. Sampulnya bergambar menara air Ringin Contong dan diterbitkan oleh penerbit Boenga Ketjil. Menurutnya, buku kumpulan karya jurnalistik tersebut terbagi menjadi beberapa tema. Di antaranya tentang ekonomi kerakyatan, human interest, tempat penting, serta seni budaya.

 

“Termasuk beberapa tempat penting dan peninggalan kuno yang sedikit banyak mengandung nilai sejarah. Juga tentang perjuangan orang-orang pinggirian. Semisal cerita bidan yang berdinas di kawasan terpencil. Lalu kisah pengemudi perahu tambang,” kata Binti.

 

Dalam forum tersebut, Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jombang ini menceritakan beberapa tulisan yang hingga kini memiliki kenangan, khusus bagi dirinya.

 

“Semoga buku ini memberikan manfaat bagi masyarakat Jombang secara menyeluruh. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terbitnya buku ini,” tandasnya.


Parlemen Terbaru