Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Warga di Sampang Rutin Ngaji Kitab Karya Mbah Hasyim

Warga di Sampang Rutin Ngaji Kitab Karya Mbah Hasyim
Kegiatan Ngaji Kitab Risalah Aswaja karya KH Hasyim Asy'ari di Desa/Kecamatan Robatal. Kabupaten Sampang, Selasa (08/12/2020). (Foto: NOJ/ Idrus Assyarif).
Kegiatan Ngaji Kitab Risalah Aswaja karya KH Hasyim Asy'ari di Desa/Kecamatan Robatal. Kabupaten Sampang, Selasa (08/12/2020). (Foto: NOJ/ Idrus Assyarif).

Sampang, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang menggelar Yaumul Ijtima’ yang dikemas dengan Ngaji Kitab Risalah Aswaja karya KH Hasyim Asy’ari. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan sekali.

 

Kali ini, kegiatan tersebut dilaksanakan di kediaman Ustadz Abu Khori Desa/ Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu mulai dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB,  Selasa (08/12/2020).

 

Kegiatan ini dihadiri pengurus dari tingkat Anak Ranting, Ranting, MWCNU, serta anggota Badan Otonom (BANOM) se-Kecamatan Robatal. Selain itu, masyarakat sekitar juga Nampak antusias walaupun sempat diguyur hujan sejak sebelum dzuhur.

 

Banyak faidah yang bisa didapat dari kegiatan ini. "Rutinan ini kita lakukan tidak lain dan tidak bukan untuk kemaslahatan dan kebaikan - kebaikan yang ada di masyarkat. Dan nanti akan dilanjutkan dengan pembacaan kitab Risalah Aswaja yang mana kitab ini dikarang langsung oleh pendiri NU KH Hasyim Asy’ari.  Tujuannya supaya kita lebih tahu dan paham seperti apa Aswaja dan NU itu sesungguhnya," ujar KH Sholehoddin, Ketua MWCNU Robatal.

 

H Sholeh sapaan akrabnya menambahkan, bahwa kegiatan tersebut juga untuk mempererat silaturahim. "Adapun tujuan lain dari kegiatan ini yaitu untuk silaturahim guna mendoakan para guru dan keluarga kita yang sudah mendahului kita dengan pembacaan tahlil. Semoga kita senantiasa bisa terus berkumpul seperti ini sampai ke surga. Amin," ujarnya saat menyampaikan sambutan.

 

K Sunnufun Niam, pembaca kajian kitab Risalah Aswaja berharap melalui acara rutinan tersebut nahdliyin bisa diakui sebagai santrinya KH. Hasyim Asy’ari.

 

 

“Serta mendapat barokahnya Syaikhona Cholil Bangkalan dan mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW. Dan semoga kita semua bisa mempraktikkan serta bisa mengamalkan teori yang sudah dikembangkan oleh para muassis NU. Agar kita bisa berbangsa dan bernegara sesuai ijtihad beliau, pemikiran beliau Syaikh Hasyim Asy’ari yang memadukan dari berbagai kaidah-kaidah  fiqhiyah dan menyesuaikan dengan kondisi bangsa kita yang tak lain adalah berasas Pancasila dan sesuai dengan UUD 45," ungkapnya.

 

Penulis: Idrus Assyarif

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim