Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ya Allah, Selamatkan Anak dan Keturunan Kami

Ya Allah, Selamatkan Anak dan Keturunan Kami
Setiap orang tua pasti berharap keselamatan bagi anak dan keturunannya. (Foto: NOJ/Ibn)
Setiap orang tua pasti berharap keselamatan bagi anak dan keturunannya. (Foto: NOJ/Ibn)

Apa yang diharapkan orang tua kepada anak dan keturunannya kelak? Tidak lain adalah selamat saat di dunia dan akhirat. Karenanya, sejumlah doa dan kebaikan hendaknya dilakukan.

 

Orang tua umumnya mengharapkan keselamatan keturunannya baik di dunia maupun di akhirat. Mereka menginginkan anak dan cucunya selamat dari pelbagai ujian, godaan, dan bahaya di dunia. Mereka juga mengharapkan anak dan cucunya selamat di akhirat.

 

Adapun berikut ini adalah lafal doa yang dapat dibaca oleh orang tua untuk keselamatan anak dan cucunya:

 

 اللَّهُمَّ بِحُرْمَةِ النَّبِيِّ وَالحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَأُمِّهِ وَأَبِيْهِ وَنَجِّنِيْ مِنَ الغَمِّ الَّذِيْ فِيْهِ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَأَسْئَلُكَ أَنْ تُحْيِيَ قَلْبِيْ بِنُوْرِ مَعْرِفَتِكَ أَبَدًا أَبَدًا يَا رَسُوْلَ اللهِ يَا اللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

 

Allāhumma bi hurmatin nabiyyi, wal Hasan, wa akhīh, wa ummih, wa abīh, wa najjinī minal ghammil lazī fīh, yā Hayyu, yā Qayyūmu, yā dzal jalāli wal ikrām. Wa as’aluka an tuhyiya qalbī bi nūri ma‘rifatika abadan, abadan. Yā rasulallāh, ya Allah (3 kali), bi rahmatika yā arhamar rāhimīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

 

Artikel diambil dariDoa Keselamatan Anak dan Cucu

 

Artinya: Ya Allah, demi kehormatan Nabi Muhammad SAW, Hasan, saudaranya, ibunya, dan bapaknya, selamakanlah aku dari kebingungan yang ada di dalamnya. Wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang maha tegak, wahai Zat yang maha besar dan mulia, aku memohon kepada-Mu agar menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifat-Mu selamanya, wahai Rasulullah, ya Allah (3 kali), dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 50).

 

Lafal doa ini dapat dibaca pada sebelum shalat Subuh. “Ini doa dibaca dahulu daripada shalat Subuh supaya selamat anak cucu,” (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 50).

 

 

Semoga Allah memberikan keselamatan kepada anak dan cucu kita semua dunia dan akhirat. Amīn. Wallahu a‘lam.​​

Iklan promosi NU Online Jatim