Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Yayasan Pendidikan Muslimat NU Tulungagung Gelar Webinar Mendongeng untuk Guru

Yayasan Pendidikan Muslimat NU Tulungagung Gelar Webinar Mendongeng untuk Guru
Tangkapan layar kegiatan webinar pelatihan mendongeng yang diadakan YPMNU Kabupaten Tulungagung, Kamis (07/01/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).
Tangkapan layar kegiatan webinar pelatihan mendongeng yang diadakan YPMNU Kabupaten Tulungagung, Kamis (07/01/2021). (Foto: NOJ/ Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Sebagai lembaga dibawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) NU berkomitmen meningkatkan mutu dan pelayanan kepada peserta didik.

 

"Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pengurus YPMNU Kabupaten Tulungagung berusaha untuk terus semangat menjalankan komitmen tersebut," terang Hj Durahtul Mahnunin, Ketua 1 PC Muslimat NU Tulungagung yang membidangi Lembaga YPMNU Kabupaten Tulungagung.

 

Hal tersebut dibuktikan dengan diadakannya Webinar Mendongeng melalui media Zoom Meeting, Kamis (07/01/2021). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru Kelompok Belajar (KB), Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) dibawah naungan YPMNU Kabupaten Tulungagung.

 

Menurut Durahtul Mahnunin, Webinar Mendongeng bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru. Karena mendongeng mampu menjadi sarana pembentuk karakter pada anak. Peserta yang mengikuti webinar tersebut tidak hanya mendapatkan materi teori, tetapi juga mendapatkan contoh praktik secara langsung dari pakar dongeng.

 

Dhiana Kurniasari Choirul, salah satu pemateri menerangkan bahwa mendongeng merupakan metode yang efektif untuk menyampaikan nilai-nilai moral kepada anak didik.

 

Sesuai dengan pengalaman menjadi guru di TK Chandra Buana Al Khadijah Kabupaten Tulungagung, Dhiana meyakini bahwa nilai-nilai moral yang disampaikan melalui mendongeng mampu menjadi pondasi karakter anak. Maka dari itu, ia berharap seluruh guru yang mengikuti Webinar Mendongeng bisa mengimplementasikan materi yang didapatkan sebagai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar tujuan dari mendongeng bisa tercapai.

 

Dalam sambutan pada Webinar Mendongeng, Dewan Pendidikan Jawa Timur, Dwi Astutik mendukung penuh pelatihan yang meningkatkan kualitas guru.

 

"Guru dibawah naungan YPMNU harus meningkatkan literasi di setiap lembaganya dan mengenalkan buku kepada anak didik sejak dini," kata Dwi Astutik.

 

 

Ia berharap, pelatihan mendongeng bisa diadakan secara berkelanjutan agar kualitas guru di bawah naungan YPMNU bisa terus meningkat.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim