Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ziarah Makam, Cara Pelajar NU Probolinggo Sambut Ramadlan

Ziarah Makam, Cara Pelajar NU Probolinggo Sambut Ramadlan
Suasana makam Kiai Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/MOt)
Suasana makam Kiai Hamid Pasuruan. (Foto: NOJ/MOt)

Probolinggo, NU Online Jatim

Salah satu tradisi yang dilakukan kaum muslimin dalam menyambut Ramadlan adalah dengan ziarah kubur. Kegiatan tersebut penting, dan bahkan sangat dianjurkan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

 

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadlan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo menggelar ziarah ke makam aulia,  Ahad (11/04/2021).
 

Tujuan ziarah adalah ke makam Mbah Sumendi, Segoro Puro dan Astah Kiai Hamid Pasuruan. Kegiatan diikuti sebanyak 30 peserta dan berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena ke luar kabupaten.

“Tur ziarah untuk meminta doa melalui perantara kekasih Allah agar diberikan kesehatan dan keselamatan menjelang bulan Ramadlan," kata Lailatul Qomariyah kepada NU Online Jatim.

Ketua PAC IPPNU Leces tersebut mengaku sangat senang lantaran anggotanya memiliki antusias yang cukup tinggi dalam mengikuti ziarah.

"Ini juga bisa menjadi percontohan bagi pelajar lain dalam menyambut bulan Ramadlan," ungkap Ella, sapaan akrabnya.

Selain itu, Moh Yunus juga mengatakan tujuan dari kegiatan ini salah satunya adalah untuk nguri-uri atau menjaga amaliah Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja yaitu ziarah kubur.

“Semoga dengan tawassul kepada Kiai Hamid Pasuruan dan Mbah Sumendi Segoropuro, hajat kita dalam berkhidmah di IPNU IPPNU dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala," kata Ketua PAC IPNU Leces tersebut.

Tujuan lain dari kegiatan adalah dapat menjaga kebersamaan yang tentu saja akan berpengaruh kepada kekompakan antarpengurus dan anggota.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa mensolidkan teman-teman agar lebih akrab dan saling memiliki rasa kekeluargaan," pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

PWNU Jatim