• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Tapal Kuda

Ziarah Makam Laskar Hizbullah, Ansor di Lumajang Diajak Ingat Sejarah

Ziarah Makam Laskar Hizbullah, Ansor di Lumajang Diajak Ingat Sejarah
Penghormatan bendera di makam Laskar Hizbullah kawasan Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
Penghormatan bendera di makam Laskar Hizbullah kawasan Lumajang. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim

Momentum hari kemerdekaan dimanfaatkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang untuk berziarah. Kali ini tujuannya adalah ke makam tiga Laskar Hizbullah yang terletak di Taman Makam Pahlawan di Jalan Ahmad Yani No.73, Desa Kunir Lor, Senin (16/08/2021).

 

Ziarah yang dilakukan malam hari ini dihadiri sejumlah pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kunir, pengurus Ansor, serta beberapa Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kunir.

 

"Di sini kita merenung bersama, mengingat jasa-jasa pahlawan yang gugur saat memperjuangkan kemerdekaan. Ada tiga Laskar Hizbullah yang dimakamkan di sini,  yaitu Taji, Kopral Sohib dan Sabar," kata, Sundoyo, Wakil Ketua MWCNU Kunir.
.

Dirinya menambahkan selain mengirimkan doa kepada para pahlawan, acara seperti ini penting untuk mengingat sulitnya perjuangan para pahlawan demi Tanah Air tercinta.

 

"Jas merah, jangan sekali-kali meninggalkan dan melupakan sejarah,” katanya. 


Lebih lanjut disampaikan bahwa ziarah ke makam para pahlawan akan terus dilakukan sembari berharap Indonesia segera terbebas dari pandemi.

 

“Acara semacam ini akan terus kita pertahankan, termasuk nanti saat memasuki 10 November dan Hari Santri Nasional, semoga Indonesia segera merdeka dari pandemi Covid-19," pungkasnya.

 

Kegiatan juga diisi dengan mengibarkan bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Syubbanul Wathan dan mars Banser. Berikutnya pembacaan surat Yasin dan tahlil, serta ditutup tabur bunga.

 


Penulis: Sufyan Arif

Editor: Syaifullah 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru