Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Hilal Belum Terlihat di Bukit Condrodipo Gresik, Idul Fitri 1442 H Ditetapkan Kamis 13 Mei 2021

Gresik-Berdasarkan pantauan Lembaga Falakiyah Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (LF PCNU) Gresik di Bukit Condrodipo, Kecamatan Kebomas, Gresik, menunjukkan posisi hilal berada pada minus 4 derajat, sementara tinggi matahari minus 1 derajat. Artinya Rabu 12 Mei 2021 besok, masih masuk bulan Ramadhan.

 

Wakil Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Gresik, Muhyiddin Hasan memastikan bahwa hasil pemantauan hilal oleh lembaganya dengan berbagai metode belum bisa melihat hilal. 

“Hasil dari rukyatul hilal pada sore hari ini laporannya tidak bisa melihat hilal, secara hisab yang sudah kita hitung dengan berbagai metode posisi hilal berada dibawah ufuk timur 4 derajat, sehingga hilal lebih dulu tenggelam daripada matahari,” kata Muhyiddin.

 

Ia mengatakan, hasil observasi bulan atau Rukyatul Hilal selanjutnya akan disampaikan kepada PBNU dan Menteri Agama untuk dijadikan bahan sidang isbat. Keputusan sepenuhnya akan diserahkan dalam sidang isbat yang dipimpin oleh Kementrian Agama.

 

"Hasilnya akan kita laporkan ke PBNU dan Menteri Agama, untuk kepurusan 1 Syawal 144 H sepenuhnya kami serahkan kepada Kementrian Agama selaku pimpinan sidang isbat, kami disini hanya pelaksana,” terang dia.

 

Disisi lain, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan Lebaran Idul Fitri 1442 H/ 2021 M jatuh pada hari Kamis (13/05). Keputusan itu dituangkan dalam surat resmi yang ditandatangani Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar, Katib Aam Yahya Cholil Staquf, Ketum PBNU Said Aqil Siradj, dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.

 

Keputusan tersebut seiring dengan hasil pemantauan Rukyatul Hilal dan Ikhbar di 34 titik pada Selasa (11/05). Hasilnya, hilal belum terlihat pada sore ini sehingga hari raya Idul Fitri 1442 H jatuh pada 13 Mei 2021.

 

Penulis: Syafik Hoo 

F1 Promosi Iklan