Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PC PMII Kota Malang Gelar Semarak Hardiknas Virtual

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Malang menggelar webinar dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2021 secara virtual. Kegiatan ini bertema ‘Tantangan Pendidikan Pasca Covid-19.’ Webinar kali ini di gelar pada Ahad (02/05/2021) sore.

Webinar spesial Hardiknas kali ini turut mengundang Gus A Farih Sulaiman sebagai pemateri. Kegiatan ini di hadiri seluruh Kader PMII Kota Malang dan tentunya diskusi menjadi menarik lantaran di moderator oleh Dede Mujahidin.

“Kegiatan ini membahas ikhwal tentang pendidikan pasca covid-19 ini. Dalam situasi pandemi ini dapat disadari bersama bahwa dalam pendidikan khususnya pembangunan karakter siswa sangat terbatas karena situasi terbatas pula. Tetapi mau tidak mau dalam kondisi ini, kita harus senantiasa beradaptasi dengan zaman.” Kata Moh Sa’i Yusuf, Ketua Terpilih PC PMII Kota Malang.

Sa’i sapaan akrabnya mengatakan bahwa PMII harus menjadi jadi solusi nantinya pasca pandemi berakhir. “Maka dari itu pasca covid-19, kita semua harus memeras fikiran dan bekerja keras dalam mengisi kekurangan di sektor pendidikan saat pandemi berlangsung. Lebih lanjut Kota Malang sudah melaksanakan percobaan sekolah tatap muka (PTM), kecuali perkuliahan karena nantinya akan ada arahan langsung dari kementerian." Imbuhnya.

Kegiatan semacam ini di rasa Sa’i amat penting lantaran kader PMII nantinya merupakan salah satu penerus tenaga pendidikan kedepan. “Jikalau kita melihat pertama, kader PMII statusnya adalah mahasiswa, dimana kader tidak akan masuk PMII jika tidak berstatus mahasiswa. Dengan pengakuan bersama bahwa mahasiswa merupakan kaum intelektual yang harus melek dan responsif terhadap realitas sosial yang terjadi. Kedua, sangat banyak kader PMII yang akan menjadi penerus tenaga pendidik kedepan, bahwa upaya-upaya dalam melanjutkan perjuangan dan pengabdiannya terhadap negara, sangat perlu internalisasi nilai kepada kader melalui ruang - ruang diskursus yang itu terlaksana secara istiqomah ditubuh PMII. Lebih - lebih Kota Malang merupakan kota pendidikan favorit di Jawa Timur.” Jelas Mahasiswa Universitas Merdeka tersebut.

“Kedepan kami berharap dari Hardiknas tahun ini, kita semua sebagai kader PMII harus senantiasa merefleksikan dan sadar tugas kita kedepan dimana. Tentu melalui diskusi webinar dengan tema pendidikan ini, paling tidak kader PMII memperoleh semacam pengetahuan dengan tujuan untuk mengedukasi kader dan seluruh pengurus di tatanan basis. Bahwa PMII mempunyai tugas penting dalam menyampaikan tujuan dan cita - cita PMII kepada negara.” Pungkas Sa’i.

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

F1 Promosi Iklan