• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 27 Januari 2023

Madura

Masyarakat Ekonomi Syariah Bangkalan Dideklarasikan

Masyarakat Ekonomi Syariah Bangkalan Dideklarasikan
Pelantikan PD Masyarakat Ekonomi Syariah Bangkalan di pendopo kabupaten setempat, Rabu (4/12). (Foto: NU Online Jatim/panitia)
Pelantikan PD Masyarakat Ekonomi Syariah Bangkalan di pendopo kabupaten setempat, Rabu (4/12). (Foto: NU Online Jatim/panitia)

Bangkalan, NU Online Jatim
Bangkalan sebagai salah satu kabupaten di pulau Madura, Jawa Timur terus melakukan terobosan bagi kesejahteraan masyarakat. Pembangunan yang digalakkan saat ini diharapkan memiliki landasan keagamaan yang kuat lewat dideklarasikannya Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di kawasan setempat.

Hal tersebut mengemuka dari dilantik dan dideklarasikannya  MES di Pendopo Bupati Bangkalan, Rabu (4/12). Acara dikemas dengan seminar ekonomi syariah yang mengambil tema ‘Bangkalan Unggul dengan Ekonomi Syariah’.

 

Luthfi Riadi selaku Ketua Umum Pimpinan Daerah MES Bangkalan menegaskan bahwa keberadaan kepengurusan ini sangatlah penting dan mendesak. 

 

“Prinsipnya kehadiran kami dapat berperan penting dalam melakukan percepatan-percepatan serta edukasi ekonomi syariah,” katanya saat memberikan sambutan.

 

Dalam pandangan alumnus pascararjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ini, keberedaan MES dapat semakin mendorong bagi kemajuan daerah dengan landasan ekonomi yang sesuai prinsip agama.

 

“Kami berharap, ke depan gerakan kami dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, agar pembangunan ekonomi yang digalakkan di Bangkalan tidak terjadi tumpang tindih dan dirasakan warga hingga level paling bawah,” ungkapnya.

 

Menurutnya, banyak hal yang dapat diterapkan dalam tatanan ekonomi di masa mendatang. Prinsipnya jangan sampai kemajuan pembangunan yang di dalamya juga kesejahteraan tidak semata dinikmati kalangan tertentu. 

 

“Namun bagaimana seluruh laju perkembangan dan kemajuan bisa benar-benar merata dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sesuai yang diharapkan dalam ajaran agama Islam,” ungkapnya.

 

Wakil Bupati Bangkalan,.Mohni  yang hadir mengapresiasi atas dilantiknya kepengurusan yang ada. Yang lebih penting dari keberadaan MES adalah bisa mewujudkan harapan yang diidamkan semua kalangan, khususnya kaum Muslimin.

 

“Kami berharap eksistensi MES Bangkalan dapat mengemban amanah keumatan, yakni mendorong kabupaten ini lebih unggul dan maju,” tegasnya.


Dirinya juga mendorong Bangkalan ke depan dapat melakukan akselerasi dan percepatan-percepatan bagi peningkatan ekonomi syariah.

 

Hadir melantik, Ketua Pengurus Wilayah MES Jawa Timur, Imron Mawardi. Tampak pula di jajaran undangan, Wakil Bupati Bangkalan serta perwakilan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan, KH Makki Nasir memimpin doa.

 

Pewarta: Syaifullah


Editor:

Madura Terbaru