• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 24 Februari 2024

Metropolis

Kiai Miftach Makin Membaik, RSI: Semoga segera Pulang

Kiai Miftach Makin Membaik, RSI: Semoga segera Pulang
Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. (Foto: Radar Surabaya)
Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. (Foto: Radar Surabaya)

Surabaya, NU Online Jatim

Kondisi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Miftachul Akhyar makin membaik sehari setelah mengalami musibah kecelakaan di Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Kamis kemarin. Direktur Utama Rumah Sakit Islam Surabaya Bangun Trapsila berharap Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia bisa segera pulang dan menjalani rawat jalan.

 

“Hari ini stabil. Kami lakukan observasi 2 x 24 jam, kami evaluasi lagi besok. (Hasil observasi ada) Trauma di tangan kiri, di situ (keluhan) nyeri. Tapi alhamdulillah enggak ada apa-apa,” kata Bangun dikonfirmasi NU Online Jatim, Jumat (13/08/2021).

 

Ia menjelaskan informasi beredar bahwa Kiai Miftach mengalami patah tulang di bagian rusuk kiri. Ia membenarkan soal itu tapi tidak berbahaya secara medis. Tidak mengganggu fungsi organ lainnya, termasuk fungsi pencernaan.

 

Tim dokter pun sudah melakukan observasi dengan melakukan foto di bagian rusuk dan dada Kiai Miftach dan secara medis tidak ada masalah dan aman-aman saja. Karena itu, tim dokter tidak perlu melakukan tindakan apa-apa.

 

“Tidak mengganggu, tidak ada apa-apa. Mungkin besok kami observasi dan evaluasi ulang hasilnya nanti. Mudah-mudahan bisa segera pulang ke rumah yang bersangkutan,” kata Bangun.

 

Diberitakan sebelumnya, mobil yang ditumpangi Kiai Miftach mengalami kecelakaan saat melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya di Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, pada Kamis pagi. Kecelakaan itu terjadi setelah Kiai Miftach menjalankan shalat Subuh di rest area Salatiga.

 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jateng Komisaris Besar Polisi Iqbal Alqudusy menjelaskan, kecelakaan bermula ketika mobil Toyota Vellfire yang ditumpang Kiai Miftach melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya melaju di lajur kanan Tol Semarang-Solo.

 

Di belakang, ada sebuah truk boks yang memberikan kode lampu untuk menyalip. Sopir Kiai Miftach pun menggeser mobilnya masuk lajur kiri atau pelan. Truk boks itu lantas menyalip, lalu kembali ke lajur kiri searah dengan lajur mobil Kiai Miftach.

 

Tiba-tiba, truk boks itu mengerem mendadak di KM 462 +800 Jalur A. Pengemudi mobil Kiai Miftach pun tak mampu mengendalikan laju lalu menabrak bagian belakang truk tersebut. Usai kejadian, truk meninggalkan lokasi. “Alhamdulillah, keterangan dari dokter yang menangani tidak ada luka serius, sudah dirontgen kemungkinan tidak ada fraktur tulang," kata Kombes Iqbal.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru