• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Metropolis

Sambut Nisfu Sya'ban, Begini Pesan Pengasuh Pesantren Al Falah Sidoarjo

Sambut Nisfu Sya'ban, Begini Pesan Pengasuh Pesantren Al Falah Sidoarjo
Ustadz Abdur Roziq selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Kemantren. (Foto: NOJ/MY)
Ustadz Abdur Roziq selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Kemantren. (Foto: NOJ/MY)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Jumat (26/03/2021) malam setelah ngaji rutin di Pondok Pesantren Al Falah Kemantren Tulangan, Sidoarjo, para santri bersama-sama melakukan ro'an (kerja bakti) untuk membersihkan area pesantren dan juga ndalem. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut datangnya malam yang sangat istimewa yaitu malam Nisfu Sya'ban yang nertepatan pertengahan bulan sya'ban dalam kalender Hijriyah. Nisfu Sya'ban tahun ini jatuh pada Ahad (28/03/2021) atau 15 sya'ban 1442 H.

 

Pesan Ustadz Abdur Roziq selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Kemantren bahwa bulan Sya'ban ini hendaknya dijadikan sebagai latihan untuk menyambut datangnya Ramadlan. Maka harus dipersiapkan lahir dan batin. Lahir yang dimaksud adalah tempat dan diri harus dibersihkan serta disucikan terlebih dahulu. Dan batin yang sudah terlatih dengan sholat dan puasa sunnah saat di bulan Sya'ban.

 

"Apapun yang kalian pelajari di pesantren ini, nanti akan menjadi bekal hidup bermasyarakat," pesan abah, begitulah penggilan para santri kepada sang pengasuh.

 

Menjelang acara pra Haflah Tasyakur pesantren, dirinya juga berpesan kepada seluruh santrinya agar mengistikamahkan amalan-amalan sunnah, lebih-lebih di dalam bulan Sya'ban ini seperti shalat dan puasa.

 

"Abah berharap agar para santri-santri sekarang yang akan melanjutkan tongkat estafet dalam berdakwah agama islam nantinya. Mereka yang nanti akan menjadi contoh di masyarakat bila sudah boyong dari pesantren ini,"

 

Ustadz Abdur Roziq juga melontarkan candaan terkait kelebihan yang dimiliki para santri

 

"Jadi santri itu enak, sekarang memang kelihatan tidak punya apa-apa, tapi nanti apa-apa punya," candanya untuk menyemangati para santri.

 

Penulis: Maschan Yusuf

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru