• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 3 Februari 2023

Metropolis

UPZIS Ranting NU di Sidoarjo Salurkan Rp50 Juta untuk Santunan dan Sembako Yatim

UPZIS Ranting NU di Sidoarjo Salurkan Rp50 Juta untuk Santunan dan Sembako Yatim
Pemberian santunan oleh UPZIS LAZISNU Sepanjang, Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Rianto)
Pemberian santunan oleh UPZIS LAZISNU Sepanjang, Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Rianto)

Sidoarjo. NU Online Jatim
Momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam dalam menyambut hari kemenangan setelah satu bulan lamanya berpuasa tentunya ingin menikmati kebersamaan bersama keluarga.

 

Namun yang diharapkan tidak mudah didapat oleh para yatim dan dluafa. Dengan apa yang dapat dinikmati seperti kebersamaan dengan orang tua yang sudah tiada, juga kesulitan keuangan.

 

Berbagi kebahagiaan di Ramadlan 1441 H, Unit Pengelola Zakat, Infak, dan Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo menyalurkan Rp50 juta untuk santunan dan paket sembako yatim dluafa.

 

Pemberian santunan untuk ratusan yatim secara simbolis dipusatkan di kantor Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Sepanjang lantai 1 sekaligus kantor pengurus anak yatim dan sosial setemoat. Acara berlangsung Kamis (21/5) dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan. 

 

“Pemberian santunan secara simbolis untuk anak yatim dan sosial di ranting sepanjang ini diberikan kepada 129 anak yatim, yang Rp 150 ribu berupa uang tunai dan Rp100 ribu berupa sembako,” kata Ketua UPZIS LAZISNU Ranting Sepanjang, Abdulloh Fachudin kepada NU Online Jatim.

 

Selanjutnya penyaluran santunan diteruskan oleh masing-masing Ketua Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama untuk menghindari kerumunan. Dirinya mengutarakan dana kegiatan tersebut hasil penggalangan donasi beberapa waktu lalu.

 

“Alhamdulillah selama ini donatur didapat dari warga NU yang ada di Sepanjang yang secara rutin memberikan donasinya setiap bulan untuk program santunan yatim dan sosial ranting NU Sepanjang,”ujar pria yang juga sebagai Kasatkoryon Banser PAC GP Ansor Taman tersebut.

 

Dirinya menambahkan dana kegiatan juga didapat dari sekitar 150 kaleng koin NU yang disebar di sejumlah warung kopi yang ada di wilayah kelurahan Sepanjang dan sekitarnya.

 

“Total perolehan dari penggalangan donasi untuk kegiatan santunan yatim ini mencapai Rp70 juta. Karenanya terima kasih para donatur, semoga dicatat Allah sebagai rizki yang berlimpah dan satu yang penting jangan lupa saat mau berdonasi juga diniatkan untuk ahli kubur yang sudah meninggal,”imbuhnya.

 

Abdulloh mengungkapkan bahwa UPZIS LAZISNU Ranting Sepanjang juga telah mengeluarkan biaya rutin setiap bulan untuk biaya sekolah. Anggaran rutin yang dikeluarkan untuk SPP 129 anak yatim sebesar Rp8.040.000 setiap bulannya. Total anggaran setahun  Rp96.040.000, juga membagikan ratusan kaleng Koin NU kepada jamiyah, sekolah, dan warga NU dengan perolehan sekitar Rp8 juta setiap bulan.

 

Sementara itu Tarmuji, Sekretaris UPZIS LAZISNU Majelis Wakil Cabang Nahdllatul Ulama (MWCNU) Taman sekaligus Ketua PRNU Sepanjang saat dikonfirmasi mengemukakan pihaknya juga turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

 

“Kami mewakili UPZIS LAZISNU MWC Taman turut berpartisipasi dengan memberikan uang saku dan masker untuk anak yatim dan warga dluafa,” katanya. Dirinya turut mengucapkan terima kasih kepada PRNU Sepanjang yang semakin eksis dengan adanya UPZIS LAZISNU Ranting Sepanjang, lanjutnya.

 

Dijelaskannya, di sejumlah masjid, mushalla, sekolah, dan badan otonom (Banom) yang ada di wilayah PRNU Sepanjang telah terbentuk Jaring Pengelola, Zakat, Infak, Shadaqah atau JPZIS.

 

“Karena itu, hubungan antara ranting NU dan UPZIS LAZISNU ranting sangat baik sehingga kegiatan apapun bisa berjalan sempurna,” jelasnya. 

 

Yuliana, salah seorang pengurus yatim dari Bima yang beralamat di Sepanjang Asri RT 011 mengucapkan terima kasih kepada UPZIS LAZISNU Ranting Sepanjang yang telah memberikan santunan berupa uang saku dan paket sembako.

 

“Terima kasih kepada UPZIS LAZISNU Ranting Sepanjang, semoga membawa berkah dan tetap jaya,”ucapnya.

 

Kontributor: Yuli Rianto
Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru