Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Pendidikan

Unusa Gelar Istighotsah dan Doa Bersama di Festival Bulan K3

Webinar Hima K3 Unusa saat istighosah dan do’a bersama. (Foto: NOJ/Humas)

Surabaya, NU Online Jatim
Himpunan Mahasiswa (Hima) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar webinar dengan istighotsah dan doa bersama, Sabtu (15/01/2022).

 

Dosen Unusa Syaikhon S.H.I., M.H.I mengatakan, mencegah kebahayaan dan kerusakan merupakan salah satu tujuan dari Islam. Hal ini berkaitan dengan K3 untuk mencegah terjadinya kebahayaan.

 

“Untuk itu, mengutamakan K3 dimana pun adalah sejalan dengan ajaran agama Islam serta tujuan dari hukum Islam yang diturunkan oleh Allah SWT,” katanya.

 

Syaikhon menjelaskan, sedekah tidak harus membantu dari segi finansial maupun material seperti memberikan sandang, pangan dan hal lain untuk membantu kebutuhan orang lain. Namun dapat dilakukan dengan membantu saat adanya kejadian yang tidak diinginkan.

 

“Seperti menghindarkan kecelakaan kerja, karena itu menolong keselamatan orang lain juga termasuk ke dalam sedekah,” jelasnya.

 

Syaikhon menilai melalui penerapan K3, bisa menjadi nilai sedekah di hadapan Allah SWT. Menurutnya, ini menjadi ladang pahala yang bertujuan untuk menyelamatkan kerja seseorang dari mara bahaya.

 

“Ini salah satu cara yang baik untuk menjalankan hukum Islam dalam menyelamatkan orang saat berkerja,” pungkasnya.

Yulia Novita Hanum
Editor: A Habiburrahman

Artikel Terkait