• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Madura

Ansor di Sumenep Hidupkan Desa dengan Shalawat Burdah

Ansor di Sumenep Hidupkan Desa dengan Shalawat Burdah
PR GP Ansor Sentol Daya, Pragaan, Sumenep sepakat menyemarakkan desa dengan shalawat burdah. (Foto: NOJ/ils)
PR GP Ansor Sentol Daya, Pragaan, Sumenep sepakat menyemarakkan desa dengan shalawat burdah. (Foto: NOJ/ils)

Sumenep, NU Online Jatim
Kampung hendaknya semarak dengan kegiatan keagamaan. Kalangan tua dan anak muda bisa juga memiliki cara berbeda dalam memastikan seluruh komponen warga larut dalam kegiatan positif. 

 

Karenanya, pada Rabu (22/7) malam, sejumlah kader dan anggota Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sentol Daya, Pragaan, Sumenep mengadakan pertemuan perdana. Acara kumpul bareng yang menempati kediaman Mohamad Shaleh tersebut mendiskusikan kegiatan anak muda NU agar kembali aktif setelah beberapa waktu lamanya vakum. Berbagai hal dibahas seperti struktur kepengurusan serta program yang akan dijalankan.

 

"Yang kita lakukan adalah sejarah baru dalam perjalanan Ansor di desa ini. Karena sekitar 2015, Ansor hanya sebatas nama dan belum memiliki kegiatan karena sulitnya menemukan kader yang siap aktif mengabdi di Nahdlatul Ulama,” kata Moh Shaleh yang juga pernah menjadi Ketua PR GP Ansor Sentol Daya tersebut. 

 

Pada pertemuan tersebut terpilih Abu Yazid sebagai ketua dan M Mahla selaku wakil. Sedangkan untuk anggota dipilih sesuai kemampuan kader dengan mempertimbangkan keterwakilan dusun. 

 

"Semoga kepengurusan ini bisa menjalankan tugas dengan amanah," ujar Moh. Shaleh.

 

Dari musyawarah akhirnya diputuskan bahwa program rutin GP Ansor Sentol Daya adalah pembacaan Shalawat Burdah tiap malam Jumat Legi. 

 

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergiliran di rumah-rumah anggota setiap bulannya," kata Abu Yazid.

 

Kontributor: Ach Khalilurrahman


Madura Terbaru