• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Matraman

Saatnya IPNU-IPPNU di Pacitan Tingkatkan Kualitas Kader

Saatnya IPNU-IPPNU di Pacitan Tingkatkan Kualitas Kader
Suasana Konferancab IPNU-IPPNU Tulakan, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul M)
Suasana Konferancab IPNU-IPPNU Tulakan, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul M)

Pacitan, NU Online Jatim

Peraturan baru perlu disusun sesuai dengan perkembangan zaman agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik. Apalagi tantangan yang dihadapi semakin dinamis.

 

Semangat itu pula yang ditunjukkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Mereka menggelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) 1 pada Ahad (24/01/2021) di dua tempat. Yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Jatigunung, dan aula Balai Desa Jatigunung, Kecamatan Tulakan.

 

Konferancab IPNU-IPPNU yang merupakan permusyawarahan tertinggi di tingkat kecamatan ini diadakan setiap dua tahun sekali sebagai langkah regenerasi kepemimpinan sekaligus kepengurusan. Hal ini juga mendapat apresiasi dari pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tulakan.

 

“Saya sebagai Ketua MWCNU Kecamatan Tulakan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Konferensi Anak Cabang ini, dan semoga berjalan lancar hingga penutupan,” kata Ulumudin.

 

Sebagai organisasi yang berbasis usia dan merupakan jenjang kaderisasi pertama di NU, berjalannya roda organisasi IPNU-IPPNU juga memerlukan dukungan dari badan otonom atau banom NU yang lain.

 

“Mohon dukungannya dari MWCNU beserta banom untuk terus mensupport kami dalam melaksanakan roda organisasi,” pinta Prima Sulistyaningsih.

 

Ketua PAC IPPNU Demisioner tersebut juga berharap, agar Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU yang notabene di bawah naungan NU agar mempermudah organisasi IPNU-IPPNU di lingkungan sekolah.

 

“Harapannya, LP Ma’arif NU menerima kehadiran IPPNU-IPPNU, sehingga semua sekolah di bawah naungan NU dapat terjamah dengan baik,” harapnya.

 

Sebagai organisasi terpelajar IPNU-IPPNU juga harus mampu hadir di tengah masyarakat bukan hanya fokus kepada pimpinan komisariat (PK) saja.

 

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk kepemimpinan periode 2018-2020 yang telah banyak berkiprah untuk membesarkan IPNU-IPPNU di Kecamatan Tulakan. Pesan saya, jangan berfokus pada PK saja, Tapi IPNU-IPPNU juga harus hadir tengah masyarakat,” ungkap Prandika Dimas Sanjaya.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Pacitan tersebut menegaskan, untuk pemimpin dan pengurus baru terpilih agar menjaga amanah konferensi. Juga bukan saja terfokus pada kuantitas anggota, melainkan perlu meningkatkan kualitas maupun kader IPNU-IPPNU ke depan.

 

“Saya tekankan kembali jangan hanya mengejar kuantitas, tapi kualitas IPNU-IPPNU harus ditingkatkan. Dan untuk pengurus baru, jaga penuh amanah konferensi,” pungkasnya.

 

Pembukaan Konferancab ditutup tarian hadrah dari anggota  IPNU-IPPNU Pimpinan Komisariat (PK) MTs Ma'arif 01 Tulakan. Juga ada aksi dari pendekar Pagar Nusa dari PK Hasyim Asy'ari Tulakan.

 

Tampak hadir Rais beserta Ketua MWCNU Tulakan, Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Fatayat NU. Juga Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser, Komandan  Rayon Militer (Danramil) dan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Tulakan. Tampak bergabung Kepala desa Jatigunung dan Kepala Sekolah SDN 01 Jatigunung.

 

Penulis: Risalatul Mu’awanah


Editor:

Matraman Terbaru