• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Alumni Pesantren Tebuireng Peringati Harlah ke-95 NU di Bukit Surowiti

Alumni Pesantren Tebuireng Peringati Harlah ke-95 NU di Bukit Surowiti
Para alumni santri Tebuireng mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera NU di bukit Surowiti. (Foto: NOJ/Syafik)
Para alumni santri Tebuireng mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera NU di bukit Surowiti. (Foto: NOJ/Syafik)

Gresik, NU Online Jatim

Harlah ke-95 Nahdlatul Ulama (NU) jatuh tepat pada 31 Januari 2021 diperingati dengan berbagai cara dan inovasi. Hal ini dilakukan oleh Alumni Pesantren Tebuireng di Gresik dengan menggelar kegiatan ngaji di petilasan Sunan Kalijaga di bukit Puncak Surowiti, Panceng, Gresik, Ahad (31/1/2021).

 

Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan Surah Yasin dilanjutkan dengan tahlil dan doa diikuti oleh seluruh anggota alumni santri Tebuireng. Doa tersebut dikhususkan kepada Walisongo dan muassis NU. 

 

"Untuk Harlah ke-95 NU kami melaksanakan tahlil dan doa bersama yang kita khususkan kepada para muassis NU. Sebagai khidmah kita terhadap NU dalam menjaga dan menjalankan paham Ahlussunah wal Jamaah an Nahdliyah,” katanya. 

 

Ketua koordinator, Shohibul Iman mengatakan, bahwa dirinya sengaja mengajak anggota alumni santri Tebuireng untuk momen Harlah di Bukit Surowiti. 

 

“Di samping kita juga mengenang sejarah Walisongo yakni Sunan Kalijaga yang petilasannya ada di bukit Surowiti," terangnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa kegiatan ini penting agar santri dapat menggali sejarah para Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa ini. 

 

"Jadi bisa kita tau bagaimana dulu para Walisongo sidang di Bukit Surowiti dan tempat tempat yang menjadi pertapaan," tambahnya.

 

Di akhir kegiatan ini sebagai rasa cinta terhadap NU dan para muassis, semua peserta mengibarkan bendera Merah Putih dan bendera NU di bukit Surowiti.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru