• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 Februari 2024

Metropolis

GP Ansor Mojokerto Gelar Sosialisasi Penguatan Akreditasi dan Organisasi

GP Ansor Mojokerto Gelar Sosialisasi Penguatan Akreditasi dan Organisasi
Ahmad Saifullah Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ansor Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)
Ahmad Saifullah Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ansor Kota Mojokerto. (Foto: NOJ/ Indra Nurdien Hakim)

Mojokerto, NU Online Jatim

Penguatan organisasi dan administrasi sangat penting bagi jalannya sebuah organisasi. Hal ini dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Mojokerto dengan melaksanakan sosialisasi akreditasi dan organisasi. Kegiatan ini merupakan turunan dari pelatihan assesor akreditasi yang diadakan Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur beberapa waktu lalu di Malang. Sosialisasi ini dilaksanakan Markas PC GP Ansor Kota Mojokerto, Jl Miji Baru No 12 Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto, Sabtu (28/03/2021).

 

"Beberapa waktu lalu ada pelatihan assesor akreditasi yang dilakukan oleh PW GP Ansor Jatim kepada PC Ansor se-Jatim. Selanjutnya pada hari ini kami sosialisasikan sistem akreditasi nantinya kepada Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor se-Kota Mojokerto. Harapannya di tiap masing-masing PAC dapat mensosialisasikan kepada Pimpinan Ranting (PR) Ansor setempat," kata Ahmad Saifullah, Ketua PC GP Ansor Kota Mojokerto.

 

Gus Ipung sapaan akrabnya juga menerangkan, materi yang disampaikan kali ini ada tiga. "Pertama, mekanisme klusterisasi PR dan PAC. Kedua, prosedur akreditasi. Dan ketiga, program kerja yang sesuai dengan standar penilaian akreditasi," terangnya.

 

Dalam arahannya, pemilik usaha Makopi tersebut menegaskan bahwa hari ini GP Ansor adalah organisasi modern, profesional, dan mandiri yang bekerja dan memiliki program berdasar pada database. Sehingga tepat sasaran dan sesuai dengan aturan serta kebutuhan di masyarakat.

 

"Kita sampaikan kepada masing-masing ketua PAC, dalam merencanakan dan melaksanakan program kerja harus diselaraskan dengan aturan dan standar akreditasi yang dimiliki GP Ansor," tegas Gus Ipung.

 

Selain itu, pada giat tersebut juga dibagikan borang akreditasi, form penentuan kluster PR dan PAC, dan pola perencanaan program kerja di masing-masing pimpinan.

 

Pria kelahiran asli Mojokerto ini juga mengungkapkan, bahwa semua pimpinan wajib melaksanakan akreditasi jika ingin dapat suara saat Konfercab.

 

"Jelas kami mengikuti arahan dari Pimpinan Pusat bahwa seluruh pimpinan harus melakukan akreditasi bahkan sampai tataran ranting sekalipun itu sudah baku. Kemudian ketika nantinya ada yang tidak mengikuti akreditasi maka otomatis tidak memiliki hak suara saat konferensi di semua tingkatan. Harapan kami nantinya akreditasi selesai dalam satu bulan ke depan. Dan kami akan mengambil sikap apabila ada pimpinan yang tidak melakukan akreditasi," pungkas pengusaha Anstore.id ini.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru