• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Resah Dua Tahun Tertunda, Ibu di Sidoarjo Lega Berangkat Haji Tahun Ini

Resah Dua Tahun Tertunda, Ibu di Sidoarjo Lega Berangkat Haji Tahun Ini
Ibu Siti Sapaah saat akan diberangkatkan dari Pendopo Senin 20 Juni 2022 bersama suami, anak, menantu dan cucunya (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)
Ibu Siti Sapaah saat akan diberangkatkan dari Pendopo Senin 20 Juni 2022 bersama suami, anak, menantu dan cucunya (Foto: NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Siti Sapaah, salah seorang ibu asal Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo merasa lega dan bersyukur dapat berangkat haji tahun ini. Ia pada Senin (20/06/2022) dari Pendopo Delta Wibawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

 

“Alhamdulillah senang, akhirnya setelah resah nunggu dua tahun ditakdirkan berangkat juga,” kata perempuan yang sehari-hari sebagai menjadi ibu rumah tangga sembari menjual gas Elpiji.

 

Sementara Ririn Windasari putri ibu Siti Sapaah mengaku bersyukur karena sebagai anak dapat membantu menjadi informan tentang haji kepada ibunya. Ia juga menyampaikan di tingkat kecamatan, Ibu Siti Sapaah merupakan jamaah tertua dengan umur 62 tahun.

 

Mantan bendahara PC IPPNU Sidoarjo itu menyampikan harapannya terlepas dari prediksi maju mundurnya berita Covid-19 dan berbagai dampaknya terhadap peraturan baik di Arab Saudi  atau Indonesia, hendaknya perlu memvalidkan data sebelum mengumumkan nama-nama dalam daftar antrian pemberangkatan haji.

 

“Supaya calon jamaah tidak dibuat menunggu dan cemas terkait nasib keberangkatan seperti tahun ini. Karena semuanya berdampak pada persiapan calon jamaah haji itu sendiri baik dari segi mental, kesiapan ibadah, batin dan terutama kesehatannya,” harapnya.  

 

Lebih lanjut, Ririn menuturkan perlu di beritahukan juga kepada seluruh KBIH terkait dinamika pembaruan-pembaruan baik sistem atau layanan fasilitas di Mekkah-Madinah bagi jamaah haji yang akan berangkat agar jamaah tua bisa diberi arahan dulu.

 

“Karena berdasarkan informasi dan berita yang saya baca, di beberapa tempat di sana sekarang kalau masuk check in memakai aplikasi dan ada beberapa tambahan fasilitas seperti persewaan skuter untuk sai,” ujarnya

 

“Kemarin sebelum berangkat, karena saya tau keterbatasan ibu saya yang tidak bisa mengoperasikan HP, jadi aplikasi hanya saya downloadkan saja. Nanti di sana semoga dibantu oleh kelomponya jika kesulitan,” pungkasnya.

 

Sementara Bupati Sidoarjo, H Ahmad Muhdlor Ali merasa terharu setelah dua tahun tertunda karena pandemi, tahun ini bisa kembali menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.


“Saya juga titip, tolong doakan Sidoarjo, doakan seluruh warganya, agar dijauhkan dari segala musibah. Semua hajat baik dilancarkan dan terwujud. Saya doakan teman-teman yang lain bisa segera dipanggil ke Tanah Suci. Aamiin,” tulisnya di akun Instagram pribadinya.


Metropolis Terbaru