• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Tingkatkan Ekonomi Keumatan, LKKNU Jatim Beri Program Bantuan UMKM

Tingkatkan Ekonomi Keumatan, LKKNU Jatim Beri Program Bantuan UMKM
dr Ivan Rovian, Ketua LKKNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/RS)
dr Ivan Rovian, Ketua LKKNU Jawa Timur. (Foto: NOJ/RS)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Jawa Timur menggelar koordinasi untuk program bantuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada kelompok-kelompok usaha kecil di tingkat keluarga dari Kementerian Tenaga Kerja RI. Kegiatan ini berlangsung di Aula Mbah Bishri Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Ahad (18/04/2021). Menurut dr Ivan Rovian, Ketua LKKNU Jawa Timur program ini dimaksudkan untuk membangkitkan ekonomi umat di masa pandemi Covid-19.

 

“Karena pandemi ini sudah meluluh lantahkan hampir semua sektor kehidupan utamanya di pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Maka dari itu perlu stimulan untuk masyarakat,” katanya.

 

Dokter Ivan mengungkapkan bahwa program yang sudah ada sejak akhir tahun2020 ini dijalankan dengan membentuk kelompok-kelompok usaha untuk bersinergi satu sama lain.

 

“Model pemberiannya lewat kelompok-kelompok usaha dimana bisa membentuk tim untuk saling memberikan sinergi satu sama lain sehingga otomatis dari tingkat keluarga ini ekonomi bangsa mulai bisa hidup kembali,” ungkapnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa dalam program ini peserta akan diberi suntikan dana untuk modal melakukan usaha.

 

“Bentuk stimulusnya berupa suntikan dana untuk permodalan. Yang mendapatkan masyarakat khususnya yang mengalami keterpurukan ekonomi sejak pandemi,” tambahnya.

 

Dalam koordinasi tersebut, tim LKKNU Jawa Timur mengkomunikasikan kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh masyarakat kemudian dirumuskan berbagai solusi sebagai jawaban atas permasalahan tersebut.

 

“Kita juga lakukan komunikasi terkait kendala-kendala apa yang dihadapi oleh kelompok-kelompok tersebut kita coba untuk serap kira-kira kita bisa memberikan solusi apa agar mereka lebih sejahtera,” ujarnya.

 

Dirinya berharap program ini bisa memberikan dampak yang baik untuk masyarakat dan dapat merangsang kembali perekonomian yang sudah terpuruk.

 

“Harapan kita program ini bisa dilanjutkan dan Insyaallah memiliki nilai positif untuk masyarakat, khususnya untuk merangsang kembali ekonomi yang sudah terpuruk. Otomatis dengan adanya kebangkitan ekonomi keumatan di tingkat terkecil yaitu keluarga maka bisa mempengaruhi ke semua lini,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru