Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network

Metropolis

SMA Al-Azhar Menganti Gresik Giatkan Pendidikan Cinta Tanah Air

Pendidikan bela negara di SMA Al-Azhar Menganti, Kabupaten Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Pendidikan bela negara menjadi sebuah kebutuhan di dunia pendidikan. Terlebih banyaknya gerakan radikalisme yang sudah masuk di poros-poros lembaga pandidikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk menyaring itu, SMA Al-Azhar Menganti, Kabupaten Gresik, menggiatkan pendidikan cinta Tanah Air.

 

Pendidikan cinta Tanah Air dilaksanakan dengan menggandeng Kepolisian Sektor dan Danramil kecamatan setempat, Rabu (12/01/2022).

 

Nuripan, Kepala SMA Al-Azhar, mengatakan bahwa dilaksanakannya pendididikan bela negara merupakan salah satu wujud sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa dan mengikis habis radikalisme, penyalahgunaan narkoba hingga konflik antar teman.

 

Proses pendidikan bela negara dilaksanakan secara berjenjang dengan buku panduan dari sekolah menjadi pegangan berjalannya seluruh kegiatan. Boby Rahman, Kanit Binmas Polsek Menganti, menyampaikan apresiasi akan adanya terobosan pendidikan bela negara di SMA Al-Azhar Menganti.

 

“Bahwa kegiatan bela negara semacam ini penting diteruskan untuk menangkal radikalisme, setidaknya pengetahuan ini akan menjadi pondasi penting bagi siswa," katanya.

M Syafik Hoo
Editor: Nur Faishal

Artikel Terkait