• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Madura

Konsisten Berdayakan Anak Yatim, Dapur Yatama Diapresiasi PCNU Sumenep

Konsisten Berdayakan Anak Yatim, Dapur Yatama Diapresiasi PCNU Sumenep
Kunjungan PCNU Sumenep ke Dapur Yatama Kalianget, Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)
Kunjungan PCNU Sumenep ke Dapur Yatama Kalianget, Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep kunjungi Yayasan Dapur Yatama yang berada di Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Ahad (17/07/2022). Kunjungan itu merupakan dukungan dan apresiasi atas konsistensi Dapur Yatama dalam memberdayakan anak yatim.

 

Menurut KH A Pandji Taufiq, ketua PCNU Sumenep, Nahdlatul Ulama (NU) harus menjadi pusat pelayanan masyarakat di berbagai sektor, termasuk memberi perhatian khusus terhadap anak yatim.

 

"NU harus menjadi pusat pelayanan masyarakat. Jika di lingkungan sekitar banyak anak yatim, maka hal tersebut harus menjadi prioritas," ujarnya.

 

Kiai Pandji memotivasi Dapur Yatama untuk terus konsisten memberdayakan anak yatim di sekitar. Bila perlu, perhatian khusus tersebut berupa beasiswa dari NU.

 

Didik Suryadi, Ketua Yayasan Dapur Yatama mengatakan bahwa semua dana yang diperoleh di yayasannya itu, semua murni dikhususkan untuk anak yatim. Pengurus hanya menggunakan sekitar satu persen, itu pun untuk biaya operasional apabila diperlukan.

 

"Kehadiran Kiai Pandji ke Dapur Yatama juga menitipkan pesan untuk tidak hanya fokus ke pengelolaan yayasan, tetapi juga harus fokus terhadap pemberdayaan anak yatim. Alhamdulillah, disini semua dana full untuk anak yatim. Jika diperlukan pengurus hanya mengambil kurang lebih satu persen itu pun untuk biaya operasional," ucapnya.

 

Menurut Didik, sebagian besar pengelola yayasan ini adalah Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kalianget. Menurutnya, kehadiran PCNU Sumenep ke Dapur Yatama memberikan semangat dan dorongan motivasi dalam menjaga eksistensi di tengah masyarakat.

 

"Alhamdulillah kami merasa sangat senang atas hadirnya Ketua Tanfidziyah dan Rais Syuriyah PCNU Sumenep. Karena di Dapur Yatama sendiri Pengurusnya banyak di isi oleh Pengurus MWCNU Kalianget. Kami bersyukur, semoga mendapat berkah beliau semua," kata Sekretaris MWCNU Kalianget itu.

 

Dalam kunjungan tersebut ketua Tanfidziyah bersama Rais Syuriyah PCNU Sumenep, KH Hafidzi Syarbini, serta jajaran PCNU Sumenep lainnya. 


Madura Terbaru