• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Madura

Kuatkan Sinergi, PCNU Sumenep Sambangi Ansor

Kuatkan Sinergi, PCNU Sumenep Sambangi Ansor
PCNU Sumenep saat silaturahim ke sekretarias PC GP Ansor setempat, Jumat (18/12/2020). (Foto: NOJ/ Habib).
PCNU Sumenep saat silaturahim ke sekretarias PC GP Ansor setempat, Jumat (18/12/2020). (Foto: NOJ/ Habib).

Sumenep, NU Online Jatim

Koordinator Bidang Badan Otonom (Banom) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep melakukan roadshow ke sejumlah Banom di bawah naungannya. Kali ini roadshow dilaksanakan di Sekretariat Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumenep, Kebonagung, Sumenep, Jum'at (18/12/2020).

 

K Abdul Wasid menyampaikan, kepengurusan PCNU Sumenep kali ini menginginkan koordinasi sinergis antar Banom dengan PCNU. Guna semakin menyemarakkan nilai-nilai dakwah Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah di tengah masyarakat.

 

"Silaturrahmi ini merupakan yang keempat, setelah sebelumnya dilakukan bersama IPNU, IPPNU, dan PMII. Hal ini memiliki tujuan untuk semakin menyemarakkan gerakan Aswaja An-Nahdliyah sesuai segmentasi masing-masing Banom," ujar Koordinator Bidang Banom PCNU Sumenep ini.

 

Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur ini menambahkan, ke depan diharapkan setiap Banom serta NU saling melakukan koordinasi kegiatan hingga ke kampung-kampung. Dirinya menyebutkan, apabila hal ini sudah berjalan sesuai tracknya, upaya untuk membendung berbagai pemahaman di luar Aswaja An-Nahdliyah akan mudah dilakukan.

 

"Selain itu, dengan adanya koordinasi semacam ini, kita bisa saling sharing program, menuju NU Sumenep yang lebih baik," ungkap K Wasid, sapaannya.

 

Salain itu, K Wasid juga menyebutkan, Banom di lingkungan PCNU Sumenep hendaknya memiliki keterlibatan bersama dalam satu arah. Semisal kegiatan besar di masing-masing Banom, atau dalam penerbitan Surat Keputusan (SK) diupayakan ada tembusan ke PCNU setempat.

 

"Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui Banom yang aktif berkegiatan atau sebaliknya. Bahkan, di kantor PCNU Sumenep telah disediakan ruang khusus Banom itu sendiri," pungkasnya.

 

Sementara itu, K Qumri Rahman mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh PCNU Sumenep. Ia pun meminta maaf, karena sebagai 'anak' dari NU, semestinya Ansor yang sowan dan bersilaturahim.

 

"Kegiatan kali ini kebetulan berbarengan dengan persiapan pelaksanaan rapat kerja PC GP Ansor Sumenep. Kebetulan, kami sedang menyiapkan raker dan haul Gus Dur yang akan dilaksanakan pada hari Ahad mendatang," ujarnya.

 

 

Ketua PC GP Ansor Sumenep ini menambahkan, Ansor siap merapikan jamaah dan jam'iyah, guna semakin menguatkan gerakan Aswaja An-Nahdliyah. Disebutkan pula, bahwa di kepengurusan saat ini, Ansor Sumenep memiliki beberapa program prioritas. Diantaranya penguatan ranting yang sudah terbentuk dan menghidupkan ranting yang mati, serta pengembangan ekonomi kader.

 

"Harapannya, gerakan kami ini juga bisa didukung atau disupport oleh NU, khususnya di tingkatan ranting dan MWCNU di setiap wilayah," pungkasnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Madura Terbaru