• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Malang Raya

Begini Upaya LPNU Malang Kebangkitan Ekonomi Nahdliyin

Begini Upaya LPNU Malang Kebangkitan Ekonomi Nahdliyin
Suasana Turba Zona IV PC LPNU Kabupaten Malang di SDI Lukman Hakim, Kendalpayak Pakisaji pada Sabtu (27/03/2021) siang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
Suasana Turba Zona IV PC LPNU Kabupaten Malang di SDI Lukman Hakim, Kendalpayak Pakisaji pada Sabtu (27/03/2021) siang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Malang menggelar turun ke bawah (Turba) zona IV. Untuk zona IV ini terdiri dari Majelis Wakil Cabang (MWC)-LPNU Kecamatan Pakisaji, Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Bantur, dan Kecamatan Bululawang. Kegiatan ini dilaksanakan di SDI Lukman Hakim, Kendalpayak Pakisaji, Sabtu (27/03/2021) siang.

 

"Kegiatan ini dalam rangka pertama, konsolidasi organisasi LPNU. Kedua, membangun kelembagaan di masing-masing LPNU yang sudah terbangun. Ketiga, bentuk silaturahmi dan sinergitas LPNU zona IV ini," kata H Agus Salim, Ketua PC LPNU Kabupaten Malang.

 

H Agus sapaan akrabnya menyampaikan, ada beberapa hal yang akan dijalankan dalam LPNU Kabupaten Malang kedepan. "Grand desain LPNU Kabupaten Malang yakni pertama, membangun jaringan pendistribusian barang pada distribution center. Kedua, nantinya MWC setempat bisa dijadikan sebagai agen distribusi produk kepada warung – warung NU," tandas warga Kalipare tersebut.

 

Ia berharap adanya payung hukum yang menaungi kinerja LPNU dalam kinerja ekonominya. "Karena kami berharap LPNU bukan sekedar bisnis oriented tetapi pemberdayaan ekonomi pada warga. Sehingga nantinya pendampingan ke depan ini selalu diutamakan. Di samping itu semua kegiatan usaha yang dilakukan oleh PC maupun MWC LPNU itu harus terbentuk suatu lembaga hukum yang menaungi di dalam kinerja ekonomi di masing-masing lembaga,” ungkapnya.

 

Menurutnya, pihaknya sudah menginisiasi bahwa LPNU tidak hanya berorientasi bisnis. Maka dipandang perlu diutamakan alat demokratisasi. Sehingga demokrasi ekonomi ini apabila mempunyai payung hukum akan lebih mudah mengembangkannya. Salah satu unit usaha yang dimaksud seperti koperasi.

 

 

"Nah, nanti kalau sudah ada koperasi primer maka akan kami bentuk koperasi sekunder. Sehingga nantinya akan terus berdampingan dalam hal pembinaan baik mengenai manajemen, koperasi, manajemen usaha, manajemen administrasi, dan manajemen marketing," pungkas H Agus.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru