• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 4 Februari 2023

Metropolis

Ansor dan Muda-mudi Sidoarjo Gelar ‘Roan Akbar’ Jelang Ramadlan

Ansor dan Muda-mudi Sidoarjo Gelar ‘Roan Akbar’ Jelang Ramadlan
Roan akbar dilaksanakan GP Ansor, Fatayat, IPNU-IPPNU, dan PMII Sidoarjo jelang Ramadlan. (Foto: NOJ/LYR)
Roan akbar dilaksanakan GP Ansor, Fatayat, IPNU-IPPNU, dan PMII Sidoarjo jelang Ramadlan. (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Roan adalah istilah yang digunakan oleh para santri di lingkungan pondok pesantren untuk melakukan kegiatan bersih-bersih secara massal atau kerjabakti. Tradisi itu juga berlaku di tengah-tengah Nahdliyin dan masyarakat sekitar pesantren, atau kelompok masyarakat yang kulturnya dipengaruhi kebiasaan pesantren.  

 

Nah, sebagai upaya melestarikan tradisi roan dan sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadlan 1442 Hijriyah, Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo mengadakan roan akbar secara serentak yang diikuti oleh semua jajaran Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Sidoarjo pada Ahad (11/04/2021).

 

“Ini adalah kegiatan rutinan kami ketika menyambut bulan suci Ramadlan, kalau dulu giat kita ada bersih-bersih masjid (BBM), dan kali ini kita istilahkan dengan roan akbar, yaitu bersih-bersih makam, masjid, dan mushala,” kata Ketua PC GP Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin kepada NU Online Jatim.

 

Rizza menjelaskan, dalam roan akbar kali ini, setiap PAC dibekali dengan cat 25 liter untuk roan di wilayahnya masing-masing. Tidak hanya oleh kader Ansor, roan akbar kali ini dilaksanakan secara berbarengan dengan PC Fatayat NU, PC IPNU-IPPNU, dan PC PMII Sidoarjo.

 

Rizza menegaskan, PC GP Ansor Sidoarjo telah memberikan instruksi kepada seluruh kader Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang ada di Kabupaten Sidoarjo agar secara serentak ikut serta bersama masyarakat melakukan bersih-bersih makam, masjid, atau mushala

.

“Kita harapkan mudah-mudahan dengan kegiatan ini semua umat muslim di Kabupaten sidoarjo, khususnya kader Ansor dan Banser menyambut bulan suci Ramadlan ini dengan penuh khidmat dan menunaikan ibadah dengan khusuk. Terimakasih, ini adalah kiprah sahabat-sahabat Ansor dan banser Sidoarjo,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo itu.

 

Sementara itu, Kepala Satuan Koordinasi Cabang Banser Kabupaten Sidoarjo, Abdul Mukit mengungkapkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada semua Kepala Satuan Koordinasi Rayon (Kasatkoryon) Banser tingkat kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo untuk mengerahkan semua anggotanya dalam giat roan akbar ini

 

“Kami sudah menginstruksikan semua Kasatkoryon se-Kabupaten Sidoarjo untuk mengerahkan semua anggotanya dalam giat roan akbar serentak yang dilaksanakan hari Ahad pagi di masing-masing Satkoryon. Ada yang dipusatkan satu titik dan ada juga beberapa titik, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di masing-masing Satkoryon,” ungkapnya.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru