• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

GP Ansor dan Remas di Sidoarjo Pelopori Gerakan Jum'at Berkah

GP Ansor dan Remas di Sidoarjo Pelopori Gerakan Jum'at Berkah
Jum'at Berkah GP Ansor dan Remas Masjid Jami' Nurul Huda Rejeni. (Foto: NOJ/Sutris)
Jum'at Berkah GP Ansor dan Remas Masjid Jami' Nurul Huda Rejeni. (Foto: NOJ/Sutris)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, tidaklah menyurutkan gerakan sosial yang dipelopori oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Rejeni, Krembung, Sidoarjo ini dalam menggalang Aksi Jum'at Berkah Makan Gratis Usai Shalat Jum'at. Bersama dengan Remaja Masjid (Remas) di Masjid Jami' Nurul Huda Rejeni, gerakan yang sudah berjalan sekitar lima bulan ini mendapatkan respon positif dari jamaah dan warga yang singgah di Masjid dekat jalan raya Porong-Krembung tersebut. 

 

Hampir setiap Jum'at, ada sekitar 500 nasi kotak yang dibagikan kepada jamaah tersebut adalah hasil dari donatur dan sukarelawan warga Rejeni dan sekitarnya. Ketua Takmir Masjid Jami' Nurul Huda Rejeni Moh Hasan Ma'ruf mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Jumat berbagi dengan cara membagikan sedekah nasi gratis kepada para jama'ah usia melaksanakan kewajiban shalat Jum'at.

 

"Gerakan peduli sosial dilakukan sebagai rasa kepedulian, terutama di masa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum usai," ungkap Hasan. 

 

Sementara Moh Faqiudin koordinator aksi yang juga pengurus Ranting GP Ansor Rejeni menuturkan bahwa kurang lebih sekitar lima bulan terakhir, kegiatan berbagi nasi gratis bagi jama'ah ini terus mengalami peningkatan dan mendapat respon positif dari masyarakat luar sehingga banyak masyarakat luar yang ingin ikut serta menyumbang di dalamnya sebagai donatur.

 

"Tujuan kita adalah sekedar membantu saudara kita terutama para musafir dan juga banyak sopir yang mampir shalat Jum'at di sini, juga sebagai kepedulian kita kepada jama'ah serta melatih warga ikut bersedekah rutin setiap Jum'at," jelas Zibut sapaan akrabnya. 

 

Semakin bertambahnya jumlah donatur, pihaknya merasa bangga dan senang karena aksi gerakan sosial tersebut mendapat dukungan dari semua pihak.

 

"Semoga dapat memotivasi masyarakat lain untuk rajin bersedekah, serta bisa menolong warga yang kurang mampu," pungkas Zibut.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru