• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Malang Raya

Rutinan RA di Ranting-ranting Ampuh Cegah Radikalisme

Rutinan RA di Ranting-ranting Ampuh Cegah Radikalisme
Rijalul Ansor Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, dalam acara rutinan Ahad malam Senin. (Foto: NOJ/MMR)
Rijalul Ansor Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, dalam acara rutinan Ahad malam Senin. (Foto: NOJ/MMR)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting (PR) Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor (MDS-RA) Pagentan Singosari, Kabupen Malang, menggelar rutinan sepekan sekali setiap Ahad malam Senin. Kegiatan rutinan pada pekan ini, Ahad (04/04/2021), terasa spesial lantaran dihadiri Wakil Bendahara Pimpinan Wilayah MDS-RA Jawa Timur, Gus Abdul Basith.

 

"NU dan banomnya di tingkatan ranting mempunyai peranan penting dalam sosial kemasyarakatan. Melalui rutinan yang diselenggarakan oleh ranting, seperti yang diselenggarakan oleh PR MDS Rijalul Ansor Pagentan, Singosari, Malang, diharapkan para pemuda dan masyarakat umum bisa jauh dari paham radikalisme keagamaan dan aktivitas-aktivitas yang tidak bermanfaat lainnya,” ujar Gus Basith.

 

Selain itu, lanjut dia, rutinan pengajian bermanfaat sebagai wahana silaturrahim yang efektif dan update pengetahuan. “Semoga rutinan yang ada di PR MDS Rijalul Ansor Pagentan juga diselenggarakan oleh ranting-ranting lain, namun tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat sekitar," tandas Gus Basith.

 

Ketua PR MDS Rijalul Ansor Pagentan Gus Ahsani Fathur Rahman mengatakan bahwa rutinan itu dilaksanakan dalam rangka memperkuat silaturahmi kader Ansor dan pemuda Nahdliyin. Selain itu, tujuannya adalah untuk membiasakan rutinan Ratibul Haddad, dziba, dan majelis ta'lim untuk memperkuat ruh dengan mengasah spiritual dan sosial.

 

"Semoga kegiatan ini bisa menjadi gerakan kebangsaan, membangun nasionalisme berpaham ahlussunnah wal jama'ah, dan memperkokoh jaringan Nahdliyin muda di Ranting Pagentan," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Islahiyah Singosari tersebut.

 

Editor: Nur Faishal


Malang Raya Terbaru