• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Malang Raya

Kaderisasi di Alam Bebas ala Pelajar NU Malang

Kaderisasi di Alam Bebas ala Pelajar NU Malang
Suasana Makesta Camp PAC IPNU IPPNU Pujon pada Jum'at sampai Sabtu (02-03/04/2021). (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
Suasana Makesta Camp PAC IPNU IPPNU Pujon pada Jum'at sampai Sabtu (02-03/04/2021). (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pujon Kabupaten Malang menggelar 'Makesta Camp'. Kegiatan ini bertempat di MI Miftahul Ulum 2 dan Gudang Oksigen (GO2) Tawangsari Pujon Kabupaten Malang pada Jum'at sampai Sabtu (02-03/03/2021).

 

Makesta camp kali ini diikuti kurang lebih 50 peserta calon anggota IPNU-IPPNU dengan menerapkan protokol kessehatan (prokes) secara ketat. 

 

"Kegiatan ini kami konsep fun camp yang menjadi daya tarik baru bagi anggota untuk mengikuti pengkaderan dalam tahap ini. Tidak terkesan jenuh adalah tujuan dari kegiatan ini agar menjadi hal menyenangkan dan ditunggu – tunggu oleh peserta sehingga berpengaruh pada mindset mereka selama megikuti kegiatan Makesta atau pengkaderan tahap awal ini,” kata Kuncaryo Darumoyo, Ketua PAC IPNU Pujon.

 

“Selain itu kegitan ini juga bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan antar anggota. Tentunya asupan materi tetap tersampaikan sesuai pedoman yang ada namun dikemas lebih menarik saja," tambahnya.

 

Adapun pengenalan materi dan kontrak belajar dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 2 Tawangsari. Selanjutnya, peserta menuju area camp untuk melaksanakan kegiatan lainnya di alam bebas.

 

Hal ini menjadi nilai tambah karena selain materi pokok yang diberikan mereka juga mendapat sebuah pengalaman baru untuk memaknai keindahan alam dan menjaga lingkungan. 

 

Ketua IPNU Pujon juga menceritakan awal mula konsep camp ini terjadi. "Kan kita tahu di masa sulit ini banyak diantara pemuda atau pelajar yang merasa jenuh. Hal ini tidak menutup kemungkinan ada yang melakukan hal-hal yang mengarah ke kenakalan remaja. Maka salah satu tujuan dari dilaksanakan Makesta camp ini agar anggota dapat mengisi waktu luang dengan hal positif," tambah Kuncaro.

 

Ia berharap anggota yang ada bisa lebih berkembang dan memahami organisasi secara utuh. "Harapan saya setelah Makesta camp ini anggota bisa lebih memahami mengenai organisasi dan menjadi kader NU yang militan serta peka terhadap permasalahan sosial yang ada," pungkasnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Tawangsari yang juga Pembina PAC IPNU-IPPNU Pujon mengapresiasi langkah IPNU IPPNU yang semakin berkembang.

 

"Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Makesta Camp kali ini. Ya, ini merupakan hal baru untuk kegiatan pengkaderan di tingkat IPNU IPPNU Kecamatan Pujon. Kami berharap ada tindak lanjut dari Pimpinan Anak Cabang untuk kembali melakukan kegiatan di Wisata Edukasi Gudang Oksigen," ujar Miftakhul Anwar.

 

Makesta Camp memberikan kesan tersendiri bagi peserta maupun pengelola. Adanya Makesta Camp sekaligus mempromosikan GO2 sebagai wisata edukasi baru di Desa Tawangsari Kecamatan Pujon.

 

 

Pihak desa dan pengelola memberikan ilmu dalam pengelolaan wisata yang ada di GO2. Tentunya, hal ini berkaitan dengan peran IPNU-IPPNU di masyarakat karena selain fokus pada kegiatan internal juga harus pada porsinya untuk berperan dalam masyarakat.

 

Editor: Romza


Editor:

Malang Raya Terbaru