• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Metropolis

Gus Ipang Sembuh dari Covid-19, Berikut Tipsnya

Gus Ipang Sembuh dari Covid-19, Berikut Tipsnya
Agus Irfan Wahid atau Gus Ipang. (Foto: Istimewa).
Agus Irfan Wahid atau Gus Ipang. (Foto: Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Irfan Wahid atau Gus Ipang sempat terpapar Covid-19 sejak tanggal 23 Juni 2021 lalu sehingga harus menjalani isolasi mandiri (isoman). Sejak kemarin, Selasa (06/07/2021) Gus Ipang sudang dinyatakan negatif Covid-19.

 

Putra KH Sholahuddin Wahid atau Gus Sholah ini menyampaikan rasa syukurnya telah terbebas dari virus berbahaya tersebut. “Setelah 13 hari isoman, alhamdulillah saya kemarin dinyatakan negatif Covid-19. Terima kasih atas support dan doa dari teman-teman semua,” kata Gus Ipang melalui video yang diunggah di akun Facebooknya, Rabu (07/07/2021).

 

Cicit Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari ini kemudian mengungkapkan tips berdasarkan pengalamannya hingga berhasil sembuh dari Covid-19.

 

“Kalau ada yang nanya, apa sih tipsnya? saya termasuk rendah CT (cycle treshold) value-nya 15. Tapi karena saya sudah vaksin, saya merasa beruntung tidak terlalu parah impact-nya. Jadi tidak ada gejala berarti kecuali demam dan ngilu saja. Kehilangan penciuman dan rasa, ada,” ungkapnya.

 

Gus Ipang juga membeberkan jenis obat yang dikonsumsinya selama isoman. “Nah, saya dapat obat dari dokter namanya avigan dan antibiotik. Tapi karena seminggu pertama kurang signifikan, saya bergeser ke obat namanya ivermectin. Nah, ini lumayan signifikan. Dari 25 (CT value) sampai langsung negatif,” lanjutnya.

 

Ia menyarankan supaya pasien Covid-19 tidak perlu khawatir saat menjalani isoman. Tetapi harus mengkonsumsi obat yang dianjurkan.

 

“Nah buat teman-teman yang CT valuenya 20-30 an, tidak usah khawatir. Minum tadi yang saya sebut, vitamin D-3 nya 10.000 EO, zink, vitamin C, dan banyakin madu,” ujarnya.

 

 

Gus Ipang juga mengingatkan supaya mematuhi protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi. “Salam sehat, jaga protokol kesehatan, vaksin (lah),” pungkasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru