• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Inilah 29 Pendaftar Asal Jatim yang Lolos Kelas Menulis Jurnalistik NU Online

Inilah 29 Pendaftar Asal Jatim yang Lolos Kelas Menulis Jurnalistik NU Online
Ilustrasi
Ilustrasi

Surabaya, NU Online Jatim

Sebanyak 29 pendaftar pelatihan kelas menulis NU Online 2020 asal Jawa Timur dinyatakan lolos pemeriksaan berkas. Mereka dinyatakan lolos pemeriksaan berkas setelah panitia melakukan seleksi terhadap total 350 pendaftar dari seluruh Indonesia.

 

Adapun para pendaftar asal Jatim yang dinyatakan lolos ini berasal dari berbagai kota. Jumlah perwakilan yang lolos dari kabupaten atau kota beragam. Ada yang hanya satu orang, namun ada pula yang hingga empat orang.


Pimpinan Redaksi NU Online, Achmad Mukafi Niam mengatakan tingginya respons calon peserta pelatihan. "Tidak lama sejak penyebaran informasi pelatihan ini, langsung saja banyak anak-anak muda yang mengirimkan berkas pendaftaran mereka. Banyak juga yang mengajukan pertanyaan meminta kejelasan informasi melalui nomor WA narahubung pelatihan," ujarnya, Selasa (01/12/2020) di Jakarta.


Tingginya animo pendaftar pelatihan bukan hanya dari Pulau Jawa. Banyak dari peserta bertempat tinggal atau berada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi. Selain itu, para peserta juga rata-rata menyatakan niatnya dalam pelatihan ini karena ingin menyebarkan Islam ramah, pemikiran ulama di sekitar mereka, dan itu semua sebagai bagian dari cara pengabdian untuk NU.

 

"Kami memeriksa satu per satu tulisan mereka. Selain untuk mengetahui tingkat pengetahuan mereka soal penulisan, EYD dan sebagainya, tulisan calon peserta juga menjadi dasar apakah NU Online perlu melibatkan mereka dalam pelatihan ini atau tidak. Karena, tulisan calon peserta menyebutkan alasan-alasan mereka ingin tergabung menjadi jurnalis NU Online," jelas Niam lagi.


Adapun nama-nama para peserta yang lolos pada tahap seleksi berkas dapat dilihat pada tautan Daftar Peserta Pelatihan Menulis Jurnalistik NU Online 2020. Setiap nama-nama yang terdaftar pada link tersebut selanjutnya agar mengirimkan biaya komitmen sebesar Rp150 ribu ke nomor rekening BRI 0335-01-001-318-308 a.n PBNU QQ NU Online.


Peserta yang telah mengirimkan biaya, hendaknya mengkonfirmasi melalui WA 0812-8428-7456 dan email [email protected] paling lambat Kamis, 3 Desember 2020 pukul 24.00 WIB. Konfirmasi dengan format Nama spasi Pembayaran Dana Komitmen Pelatihan Menulis NU Online 2020 spasi Kota/Kabupaten peserta. Contoh: Bayu Pembayaran Dana Komitmen Pelatihan Menulis NU Online 2020 Ciamis. "Selamat kepada para peserta yang lolos. Selamat bergabung dalam pelatihan jurnalistik bersama NU Online," pungkas Niam.

 

Sebelumnya disampaikan pelatihan Kelas menulis NU Online ini diproyeksikan untuk memberikan keahlian dan kecakapan kepada kontributor NU Online di bidang kewartawanan. Selesai mengikuti kelas menulis ini, kontributor NU Online diharapkan memiliki pemahaman, pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang memadai dalam hal penulisan jurnalistik.


Dalam kelas menulis ini, dibahas dasar-dasar jurnalistik yang meliputi jurnalisme online, tugas pewarta, bahasa jurnalistik, tata cara penulisan warta, reportase, teknik wawancara, penyuntingan tulisan, dan kode etik jurnalistik.

 

Usai pelatihan ini, peserta akan memperoleh Kaos NU Online, berjejaring dengan penulis NU Online, dan berkesempatan menjadi kontributor tetap NU Online. Kelas akan berlangsung setiap Sabtu pukul 10.00-13.00 WIB melalui aplikasi Zoom mulai 5 Desember 2020. Pelatihan ini tidak sekadar sebagai kegiatan. Namun, ia akan melahirkan jurnalis-jurnalis baru.

 

 

Terbukti beberapa kontributor, bahkan beberapa redaktur NU Online yang saat ini aktif adalah alumni kelas pelatihan menulis NU Online. Diketahui pelatihan menulis NU Online bukan kali ini saja diadakan. Sejak 2016, NU Online menggelar pelatihan serupa. Akan tetapi, pelatihan kali ini pertama diadakan secara daring.


Editor:

Metropolis Terbaru