• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Metropolis

Kemenag Bakal Bagikan 10.000 Al-Qur’an dan 100 Ton Kurma untuk Umat

Kemenag Bakal Bagikan 10.000 Al-Qur’an dan 100 Ton Kurma untuk Umat
Ilustrasi
Ilustrasi

Surabaya, NU Online Jatim

Kementerian Agama (Kemenag) akan membagikan 100 ton kurma dan 10.000 Al-Qur’an kepada masyarakat muslim di seluruh Indonesia. Kurma dan Al-Qur’an tersebut merupakan hadiah pemberian dari Kerajaan Arab Saudi.

 

"Ini akan menjadi tali asih dan merekatkan persaudaran antara Indonesia dengan arab saudi," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi di Gedung Utama Kemenag, Jakarta Pusat, Senin (22/3/2021) sebagaimana dikutip sindonews.com.

 

Ia menjelaskan, mekanisme pendistribusian hibah tersebut nantinya melalui ormas-ormas islam dan kantor-kantor wilayah (kanwil) kemenag di seluruh Indonesia. Pendistribusian itu juga diprioritaskan untuk daerah-daerah sesuai dengan tingkat kemiskinan.

 

"Iya itu (prioritas daerah kemiskinan-red) juga menjadi perhatian kami," ungkap Zainud.

 

Selain di Indonesia, pemberian hadiah tersebut dilakukan pula untuk negara-negara muslim di dunia. Indonesia merupakan negara yang pertama diberikan hadiah kurma dan Al-Qur’an tersebut. Hal ini karena kedekatan Indonesia dan Arab Saudi sudah terjalin dengan sangat baik.

 

 

"Karena itu Indonesia menjadi prioritas kami dalam pemberian hadiah kurma ini dan kami sama sekali tidak ada hubungan soal penundaan ibadah haji tahun lalu," kata Esam Abid Althagafi, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.


Editor:

Metropolis Terbaru