• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

LAZISNU Taman Sidoarjo Gelar Vaksinasi 1000 Dosis

LAZISNU Taman Sidoarjo Gelar Vaksinasi 1000 Dosis
Vaksinasi yang diinisiasi LAZISNU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Mukhzamilah)
Vaksinasi yang diinisiasi LAZISNU Taman, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Mukhzamilah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Taman Kabupaten Sidoarjo melaksanakan vaksinasi 1000 dosis 1 Sinovac, Sabtu (25/09/2021). Dalam kegiatan ini, LAZISNU bekerja sama dengan Puskesmas setempat, Pemerintah Daerah (Pemda) dan SMP Darul Muta’allimin.

 

“Pemerintah daerah berusaha menjemput bola dalam menggencarkan vaksinasi ini dengan menggandeng Puskesmas, Polres dan banyak kalangan untuk ikhtiar kesehatan masyarakat,” ucap Wakil Bupati Sidoarjo, H Subandi yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Pihaknya mengapresiasi para nakes, Kepala Sekolah SMP Darul Muta’allimin, camat dan segenap panitia dari LAZISNU Taman yang telah mengadakan kegiatan tersebut. Sebab, ini adalah bagian dari usaha positif untuk mendukung normalisasi kegiatan perekonomian, pendidikan dan berbagai aspek kehidupan masyarakat pasca pandemi Covid-19.

 

Lebih lanjut, Wakil Sekretaris LAZISNU Taman, Askar Shodiq menyampaikan bahwa kegiatan ini menyasar masyarakat yang belum divaksin dan kesulitan mendapatkannya karena keterbatasan akses informasi.

 

“Awalnya kegiatan ini merupakan ide yang lahir dari rapat pengurus LAZISNU dan akhirnya kami menggandeng Dinas Kesehatan Sidoarjo dan SMP Muta’allimin,” ujar lelaki tegap yang juga pengurus Pagar Nusa NU tersebut.

 

Ia menjelaskan, peran LAZISNU selain sebagai inisiator juga membantu proses rekrutmen peserta karena pendaftaran bisa melalui pengurus ranting dan banom NU setempat. Adapun Pemda dalam hal ini Dinas Kesehatan Sidoarjo sebagai pemberi vaksin, dan tenaga kesehatan disediakan oleh Puskesmas Taman. 

 

Kegiatan ini diselenggarakan di lingkungan sekolah yang memiliki fasilitas jaringan internet memadai untuk memperlancar proses input database saat pelaksanaan vaksinasi.

 

Beberapa persyaratan yang diminta kepada peserta antar lain Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak bermasalah, mengumpulkan fotokopi KTP, dan mengisi formulir screening kesehatan.

 

Antusias masyarakat cukup tinggi dengan dibuktikan jumlah pendaftar di beberapa ranting NU di Taman melebihi kuota yang diberikan.

 

 

“Pelayanan yang diberikan sangat bagus, tanpa ada antri panjang. Terima kasih kami sampaikan kepada panita.” ujar Sholikhah, salah satu peserta vaksin yang berprofesi sebagai notaris kepada NU Online Jatim.


Editor:

Metropolis Terbaru