• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Metropolis

Menag Sebut Solusi HIV/AIDS Bukan Poligami, Namun Menahan Hawa Nafsu

Menag Sebut Solusi HIV/AIDS Bukan Poligami, Namun Menahan Hawa Nafsu
Menag, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/cnn)
Menag, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: NOJ/cnn)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa poligami adalah solusi untuk menekan kasus HIV/AIDS di Indonesia. Ia menyatakan bahwa menikah dan poligami akan menjauhkan diri dari zina. Sehingga laki-laki yang sudah menikah tidak akan melakukan seks bebas yang berpotensi menularkan HIV/AIDS.

 

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menanggapi bahwa usulan itu tidak ada dalam rujukan Islam mana pun.

 

"Jika dibilang perspektif Islam, perspektif yang mana? Tidak ada rujukan Islam yang mengatakan bahwa HIV/AIDS bisa ditanggulangi dengan poligami," terangnya, Rabu (31/08/2022).

 

Ketua Umum PP GP Ansor itu menilai bahwa usulan Uu tentang pencegahan HIV/AIDS seharusnya berdasarkan riset yang akurat dan mendalam.

 

"Ini menurut saya pendapat pribadi yang bersangkutan. Jadi kalau harus ada riset, apakah penyebaran HIV/AIDS itu benar-benar bisa dicegah dengan poligami?," ujarnya.

 

Menurut Yaqut, langkah pencegahan penyebaran HIV/AIDS adalah bukan dengan poligami, namun laki-laki harus bisa menahan hawa nafsunya.

 

"Dari sisi laki-laki harus bisa mengendalikan diri dari nafsunya. Jangan sampai menjadi budak nafsu," ungkapnya.


Metropolis Terbaru