• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

PP Pagar Nusa Bakal Gelar Kongres IV 5-7 Desember 2022 Mendatang

PP Pagar Nusa Bakal Gelar Kongres IV 5-7 Desember 2022 Mendatang
Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen saat konferensi pers terkait Kongres Pagar Nusa, di Kantor PBNU, Jakarta. (Foto: NU Online)
Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen saat konferensi pers terkait Kongres Pagar Nusa, di Kantor PBNU, Jakarta. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim
Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa bakal menggelar Kongres IV pada 5-7 Desember 2022 mendatang. Agenda tersebut akan dipusatkan di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.


Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen mengatakan, kongres bertajuk ‘Menjuara ke Angkasa, Mengakar ke Bumi, Menjaga Peradaban’ ini merefleksikan khidmat Pagar Nusa dalam mengikuti perintah para kiai.


“Tema ini juga bertujuan meningkatkan serta meneguhkan kontribusi kader dalam merawat peradaban sekaligus mengikis momentum-momentum politik strategis,” ujarnya saat konferensi pers terkait Kongres Pagar Nusa, di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa (22/11/2022) dilansir dari NU Online.


Ia mengatakan, ikhtiar tersebut dilakukan guna menjaga warisan yang selama ini dijalankan para pendiri Pagar Nusa, supaya tetap mengakar ke bumi (tawadhu) dan menjaga peradaban dengan mengikis berbagai macam politik identitas yang ada di pencak silat.


“Jadi, kita ingin maju dan menjadi organisasi pencak silat yang modern, pendekar-pendekar pencak silat sebagai patriot dan akan selalu siap siaga saat dibutuhkan oleh bangsa dan negara,” kata Gus Nabil.


Dirinya menyampaikan, kongres kali ini akan dihadiri kurang lebih oleh 800 peserta, mulai dari pengurus di tingkatan Pimpinan Wilayah sampai Pimpinan Cabang Istimewa yang tersebar di enam negara.


“Kita akan mengundang seluruh perwakilan dari Pimpinan Wilayah sampai Internasional yang tersebar di enam negara, Taiwan, Hongkong, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, dan Jepang. Totalnya kira-kira 800 orang,” ucapnya.


Tokoh kelahiran Temanggung 25 Juli 1984 ini menambahkan, pihaknya juga mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk hadir dan membuka acara Kongres ke-4 PSNU Pagar Nusa.


“Saya juga mengundang Pak Presiden untuk hadir, dan segenap menteri dari kabinet Indonesia maju juga kami undang,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru