• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Metropolis

Ribuan Warga Gresik Antarkan KH Robbach Ma'shum ke Pesarean

Ribuan Warga Gresik Antarkan KH Robbach Ma'shum ke Pesarean
Ribuan warga mengantarkan almarhum KH Robbach Ma'shum ke peristirahatan terakhir. (Foto: NOJ/In)
Ribuan warga mengantarkan almarhum KH Robbach Ma'shum ke peristirahatan terakhir. (Foto: NOJ/In)

Gresik, NU Online Jatim

Ribuan pelayat memadati Masjid Al-Faqihiyyah, Sembungan Kidul, Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Gresik. Mereka berasal dari berbagai daerah untuk memberikan penghormatan terakhir kepada KH Robbach Ma'shum yang wafat Selasa (22/9/2020).

 

KH Robbach Ma’shum tutup usia sebelum shalat Shubuh di usia 73 tahun. Kiai yang juga mantan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik tersebut meninggal di kediamannya, Jalan Kalimantan Perum Gresik Kota Baru (GKB).

 

Lahir sebagai anak ketiga dari tujuh bersaudara dari pasangan KH Ma’sum Sufyan dan Hj Masrifah, Kiai Robbah (sapaan akrabnya) adalah putra daerah asli. Hidup di lingkungan keluarga agamis, membentuk karakternya sebagai anak bangsa yang berpendidikan, dan menjunjung tinggi nilai moral dan keislaman.

 

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Gresik, H Shofa menceritakan sosok almarhum.

 

“Kiai Robbah merupakan sosok ulama yang alim dan gigih dalam berjuang. Terbukti sebelum hingga tutup usia, masih giat dan istikamah mengisi pengajian rutin di PCNU Gresik,” katanya, Selasa (22/9/2020).

 

Kiai Robbah juga tercatat sebagai Ketua PCNU Gresik, sehingga sering menjadi rujukan bagi tokoh partai maupun pejabat di pemerintah daerah untuk berkonsultasi.

 

Sepanjang kiprahnya, almarhum tercatat pernah menjabat sebagai Mustasyar PCNU Gresik, sebelum pada akhirnya menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000-2005 dan 2005-2010. Sebelumnya pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Gresik yakni tahun 1999 hingga 2000.

 

Pantauan di lapangan, hingga sore hari para pelayat masih ramai berdatangan di rumah duka yakni Pondok Pesantren Ihya' Ulum, Dukun. Dan almarhum disemayamkan di kawasan setempat.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru