• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Tiga Kali Berturut-turut, Pagar Nusa Jatim Juara Umum Kejurnas

Tiga Kali Berturut-turut, Pagar Nusa Jatim Juara Umum Kejurnas
Ketua Umum PBNU dan Ketua Umum PP Pagar Nusa saat acara pembukaan Kejurnas III Pagar Nusa yang berlangsung di TMII. (Foto: SDN)
Ketua Umum PBNU dan Ketua Umum PP Pagar Nusa saat acara pembukaan Kejurnas III Pagar Nusa yang berlangsung di TMII. (Foto: SDN)

Surabaya, NU Online Jatim
Prestasi membanggakan ditorehkan oleh Pimpinan Wilayah (PW) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Jawa Timur. Betapa  tidak, selama tiga kali penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) III Pagar Nusa, kontingen Jatim menyabet juara umum 1. 

 

Kontingen Pagar Nusa Jatim ditetapkan sebagai juara umum setelah mengantongi 24 emas, 8 perak, dan 6 perunggu. Raihan tersebut mengungguli Jawa Tengah yang meraih 6 emas, 10 perak, dan 8 perunggu, serta DKI Jakarta yang berhasil merauh 4 emas, 5 perak, dan 3 perunggu.   

 

Instruktur Pasti Nasional, Harry Purwono menyatakan bahwa pihaknya dari awal memiliki optimisme yang tinggi. PSNU Pagar Nusa Jawa Timur menargetkan setidaknya 15 emas di Kejurnas III yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur tersebut.   

 

"Sudah prediksi saya awalnya 15 emas, ternyata di luar dugaan hampir tiap laga kita sudah memenanginya," kata Harry di arena Kejurnas III, Senin (6/1) malam.  

 
Sebelum berlaga di Kejurnas III, Harry mengaku telah mempersiapkan atlet-atletnya dengan matang dan dari bawah seperti mengikuti kejuaraan daerah di tingkat kabupaten dan kota, serta tingkat provinsi.   

 

Dirinya berharap, dengan kemenangan ini, ke depan timnya mampu mengikuti Kejurnas Ikatan Pencak Silat Nasional (IPSI).   

 

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) PSNU Pagar Nusa, M Nabil Haroen menyampaikan selamat kepada kontingen dari Jatim yang berhasil mempertahankan juara umum 1.   

 

Sementara kepada kontingen daerah lain yang belum berhasil, dirinya meminta agar tidak berkecil hati. Menurut pria yang kerap yang disapa Gus Nabil ini, silaturahim semua pendekar Pagar Nusa di seluruh Indonesia sangat penting dibandingkan juara.   

 

"Soal posisi juara 1, 2, dan 3 tidak begitu berarti, tetapi yang lebih penting dari itu adalah silaturahim kita seluruh Indonesia," kata alumnus Pesantren Lirboyo, Kediri tersebut.   

 

Kejurnas III ini sendiri ditutup oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj. Dirinya berpesan kepada pemenang agar tidak sombong dan kepada yang belum menang agar tidak patah semangat.   

 

"Dengan demikian, saya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menutup acara ini dengan resmi dengan bacaan wallahul muwaffiq ila aqwamitthariq wal hamdulillahirabbil alamin," ujar Kiai Said diikuti penabuhan gong.   

 

Artikel diambil dari: https://www.nu.or.id/post/read/115281/pagar-nusa-jatim-sabet-juara-umum-1-di-kejurnas-iii

 

Pewarta: Husni Sahal 
Editor: Syaifullah


 


Editor:

Metropolis Terbaru