• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

NU Online

Rais 'Aam PBNU: Kecerdasan Intelektual dan Spiritual Harus Seimbang

Rais 'Aam PBNU: Kecerdasan Intelektual dan Spiritual Harus Seimbang
Rais 'Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar. (Foto: NU Online)
Rais 'Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar. (Foto: NU Online)

Surabaya, NU Online Jatim

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar menyampaikan bahwa kecerdasan intelektual harus diimbangi dengan kecerdasan spiritual.


Mengutip ayat pertama dari Al-Qur'an surat Al-'Alaq, Kiai Miftach menjelaskan bahwa kemampuan literasi dan keluasan pengetahuan dengan adanya perintah membaca itu perlu diimbangi dengan kecerdasan spiritual. Karenanya, ayat tersebut tidak hanya memerintahkan untuk membaca, melainkan dilanjutkan dengan bismi rabbik, dengan menyebut nama Tuhanmu.


"Jangan lupa, kemampuan harus diimbangi dengan ismi rabbik," kata Pengasuh Pondok Pesantren Miftachus Sunnah, Surabaya, Jawa Timur itu, Sabtu (06/08/2022) di Pondok Pesantren Buntet, Cirebon.


Sebab, lanjutnya, perselingkuhan ilmu...


Baca selengkapnya di https://www.nu.or.id/nasional/rais-aam-pbnu-kecerdasan-intelektual-harus-diimbangi-kecerdasan-spiritual-zBYAn

Artikel Terbaru