• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Pantura

Fokus Kepengurusan IPNU Tuban Genjot Semangat Berwirausaha

Fokus Kepengurusan IPNU Tuban Genjot Semangat Berwirausaha
Kepengurusan baru PC IPNU Tuban saat dilantik. (Foto: NOJ/Abu A)
Kepengurusan baru PC IPNU Tuban saat dilantik. (Foto: NOJ/Abu A)

Tuban, NU Online Jatim

Setiap nakhoda organisasi pasti memiliki misi dan visi yang lebih diutamakan. Tidak lain demi keberlangsungan organisasi dan penerus di masa yang akan datang. Lewat beberapa program kerja, nanti akan tercipta jiwa-jiwa organisatoris dan karakter yang diinginkan.

 

Taufiqur Rohman setelah terpilih sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Tuban melakukan beragam terobosan. Langkah awal yang dilakukan adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi pengurus dan kader.

 

“Langkah kita setelah pelantikan tentunya penyusunan rapat kerja. Nah, program terbesar kami yaitu membuat kewirausahaan yang inovatif dan efektif di era milenial,” katanya, Senin, (25/01/2021).

 

Dirinya mengemukakan, semua lapisan IPNU maupun Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tuban hendaknya tidak lagi selalu bergantung kepada pihak tertentu. Dengan demikian, organisasi pelajar NU harus lebih mandiri.

 

“Tujuannya agar IPNU-IPNU lebih mandiri tanpa bergantung lebih terhadap pihak-pihak lain,” ungkapnya.

 

Taufiqur Rohman sangat optimis melihat kader IPNU IPPNU. Sebagai nakhoda baru, tentu kebangaan tersendiri melihat sejumlah langkah pengurus dalam memikirkan masa depan organisasi dan kawasan setempat.

 

“Apalagi diperkuat juga dengan antusiasme dari jajajaran pengurus IPNU-IPPNU waktu penyusunan program kerja pertama. Mereka sangat semangat serta sangat gercap dalam menyusun program kerja yang ada,” terangnya.

 

Alumni Universitas Roggolawe Tuban ini menjelaskan bahwa program kewirausahaan yang dijadikan garapan lebih awal adalah  perternakan dan perdagangan. Keduanya akan dilakukan lewat online dan ofline.

 

“Untuk program yang ingin kita realisasikan dan membawa dampak besar ke depan adalah fokus ke wirausahaan yang ada. Mungkin nanti dari segi perternakaan, atapun perdagangan dengan memaksimalkan kalangan sendiri,” tuturnya.

 

Pria dari Desa Banjararum Kecamatan Rangel itu menuturkan, jika motivasi dalam penggarapan program kewirausahaan adalah satu satu bentuk pengabdian.

 

“Yang jelas, inilah motivasi kami untuk menjaga serta mengembankan IPNU-IPPNU Tuban,” akunya.

 

Dijelaskan, di Indonesia akan terjadi bonus demografi. Demikian juga amanah besar dari pendiri NU menjadi alasan tersendiri untuk selalu memberikan yang terbaik guna keberlangsungan penerus jamiyah di masa depan.

 

“Bonus demografi adalah kader IPNU-IPPNU sendiri. Ini juga diperkuat pesan KH M Hasyim Asy’ari bahwasannya barangsiapa merawat dan menjaga NU akan dianggap menjadi santrinya dan insyaallah meninggal husnul khatimah,” pungkanya.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pantura Terbaru