• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Pantura

Pagar Nusa Jadi Ekstrakurikuler Sejumlah Madrasah di Babat, Lamongan

Pagar Nusa Jadi Ekstrakurikuler Sejumlah Madrasah di Babat, Lamongan
Penandatanganan kerja sama antara PC LP Ma'rif NU dan PC Pagar Nusa Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik NM)
Penandatanganan kerja sama antara PC LP Ma'rif NU dan PC Pagar Nusa Babat, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik NM)

Lamongan, NU Online Jatim

Kini, setiap madrasah yang berada di bawah koordinasi Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pimpinan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama Babat, Lamongan akan mengenalkan Pencak Silat Pagar Nusa.

 

Hal tersebut buah dari penandatanganan kerja sama antara Pimpinan Cabang (PC) Pagar Nusa Nahdlatul Ulama Babat dengan PC LP Ma'arif NU Babat. Kegiatan bersamaan dengan acara pembaiatan santri baru tahun 2020, Ahad (13/9/2020).

 

Kerja sama tersebut berisi pendirian dan pengembangan pelatihan pencak silat Pagar Nusa sebagai kegiatan ekstrakurikuler di setiap lembaga di bawah naungan LP Ma'arif NU Babat.

 

Disampaikan H Sufaat bahwa sebelumnya telah terjalin kerja sama dengan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Babat.

 

“Hal itu dengan suksesnya PC LP Ma’arif NU memasukkan IPNU dan IPPNU sebagai kegiatan ekstra di madrasah,” kata Ketua PC LP Ma'arif NU Babat tersebut.

 

Dijelaskannya, bahwa kali ini kerja sama melibatkan Pagar Nusa Babat. Dengan demikian, seluruh lembaga di bawah naungan PC LP Ma’arif NU harus  memasukkan ekstrakurikuler Pagar Nusa dan mendirikan kepengurusan rayon.

 

Sementara itu, Ketua PC Pagar Nusa Babat mengimbau Pimpinan Anak Cabang Pagar Nusa untuk koordinasi dengan LP Ma'arif NU.

 

"Untuk Pagar Nusa se-Babat agar segera merapatkan barisan agar kerja sama tidak hanya hitam di atas putih. Tapi ada tindak nyata dari seluruh jajaran kepengurusan," kata Sujarwo selaku Ketua PC Pagar Nusa Babat.

 

Penandatanganan ini disaksikan Wakil Bupati Kabupaten Lamongan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Babat, dan tamu undangan serta peserta pembaiatan santri baru tahun 2020.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pantura Terbaru