• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 25 Mei 2022

Pendidikan

Kata Spesialis THT RSI Unisma, Pendengaran adalah Panca Indra yang Penting

Kata Spesialis THT RSI Unisma, Pendengaran adalah Panca Indra yang Penting
Thalkshow 'Peduli Pendengaran untuk Semua'. (Foto: NOJ/AA)
Thalkshow 'Peduli Pendengaran untuk Semua'. (Foto: NOJ/AA)

Malang, NU Online Jatim

Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) gencar mengadakan edukasi kesehatan melalui platform media sosial. Kali ini RSI Unsima membahas terkait pentingnya menjaga pendengaran. Edukasi ini dilakukan RSI Unisma agar masyarakat lebih perhatian terhadap pendengaran mereka.

 

dr Fifin Pradina Duhitatrisari mengatakan, pendengar yang dimiliki oleh manusia merupakan salah satu organ yang paling penting. Sebab, dengan pendengar kita bisa berkomunikasi dengan orang lain.

 

“Perlu kita ketahui, bahwa pendengar ini termasuk panca indra pada manusia. Yang sangat bermanfaat, penting, serta sangat diperlukan bagi semua orang,” katanya, Kamis (18/03/2021).

 

Dosen Fakultas Kedokteran Unisma itu menambahkan, manusia tanpa pendengaran yang baik bagaikan orang yang tidak tahu seperti apa tanggapan atau peristiwa yang ada. Meskipun memiliki penglihatan, tetapi pendengaran ini juga sangat amat penting ketika berkomunikasi dengan orang.

 

“Kita tahu bahwa tanpa pendengaran kita serasa berjalan tanpa arah, terasa hidup tapi tidak tahu lingkungan. Kita tidak bisa mendapatkan teman seperti yang kita harapkan, kita tidak bisa mendapatkan keluarga, tidak bisa mendapatkan kehidupan yang layak jika pendengaran kita terabaikan,” tambahnya.

 

Dokter Fifin sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa yang masih memiliki indra pendengaran harus banyak-banyak berterima kasih kepada Tuhan. Lebih-lebih tidak ada masalah sedikit pun yang terjadi dengan pendengaran kita.

 

“Sehingga pertama-tama kita harus ucapkan puji syukur, Alhamdulillah bahwa kita semua mendapatkan pendengaran dengan baik. Artinya pendengaran apa sebenarnya pendengaran itu kemudian, apakah ganguan pendengaran itu. Ini yang perlu kita pahami,” pungkas dokter spesialis THT di RSI Unisma.

 

Editor: Risma Savhira


Pendidikan Terbaru