• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Pendidikan

Tahun Baru Islam, KSM Tematik 93 Unisma Adakan Khatmil Qur’an

Tahun Baru Islam, KSM Tematik 93 Unisma Adakan Khatmil Qur’an
Khatmil Qur'an yang diadakan oleh KSM Tematik 95 Unisma. (Foto: NOJ/Humas).
Khatmil Qur'an yang diadakan oleh KSM Tematik 95 Unisma. (Foto: NOJ/Humas).

Malang, NU Online Jatim

Mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Malang (Unisma) yang tergabung dalam Kandidat Sarjana Mengabdi Tematik (KSM-T) 93 menyelenggarakan Khatmil Qur’an. Kegiatan tersebut dipusatkan di Mushala Barakah Al-Amin, Dusun Sumberagung, Desa Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

 

Khatmil Qur’an tersebut dilakukan dalam rangkan menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah. Sedikitnya, 12 Mahasiswa KSM-T 93 Unisma bersama lebih kurang 20 warga setempat mengikuti kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB tersebut.

 

Pemuka Agama Dusun Sumberagung, Bapak Tamin mengatakan, membaca Al-Qur’an merupakan kerja mulia yang dianjurkan kepada setiap Muslim sebagai media mendekatkan diri kepada Allah Swt.

 

“Oleh karena itu, dalam Al-Qur’an banyak disebutkan tentang perintah membaca Al-Qur’an, salah satunya dalam surat Al-Ankabut ayat 45,” ujarnya.

 

Menurut Bapak Tamin, membaca Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan. Di antaranya ialah malaikat akan memohonkan ampun bagi setiap muslim yang senantiasa membaca Al-Qur’an dan mengkhatamkannya.

 

“Bahkan, dalam sebuah Hadits disebutkan bahwa sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya,” imbuhnya.

 

Pihaknya pun merasa senang dan mengapresiasi atas antusiasme mahasiswa yang mengikuti dengan khidmah kegiatan itu. Dengan ini diharapkan muncul semangat pemuda yang cinta Al-Qur’an di tengah gempuran teknologi digital.

 

“Semoga mereka semua mendapat barokahnya Al-Qur’an, serta menjadi generasi Qur’ani,” pungkasnya.

 

Kegiatan tersebut kemudian dipungkasi dengan makan bersama Mahasiswa KSM-T 93 Unisma dengan warga setempat. Diharapkan, hal tersebut dapat menjalin rasa emosional dan kedekatan yang kuat antara mahasiswa dengan warga.


Pendidikan Terbaru